Gonjang-ganjing Harga BBM Naik, Menteri ESDM: Pakai Motor Listrik Hemat 60%

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 08:08 WIB
loading...
Gonjang-ganjing Harga BBM Naik, Menteri ESDM: Pakai Motor Listrik Hemat 60%
Rencana kenaikan harga BBM bersubsidi kembali mencuat. Foto/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi kembali menjadi perbincangan hangat dalam sepekan terakhir. Harga BBM yang semakin mahal dikhawatirkan bisa menekan daya beli masyarakat.

Mengingat harga BBM yang akan semakin mahal, penggunaan kendaraan listrik pun terus digalakkan oleh pemerintah.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, sepeda motor listrik bisa menjadi solusi di tengah mahalnya harga BBM yang terjadi saat ini.

Menurut dia, pemakaian sepeda motor listrik bisa menghemat BBM hingga 60% ketimbang menggunakan sepeda motor berbahan bakar bensin.

"Saving bisa 60% kalau pakai motor listrik," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, dikuti Sabtu (27/8/2022).

Baca juga: Kabar Buruk, Kuota BBM Solar dan Pertalite Bakal Habis di Oktober 2022

Arifin mengungkapkan, industri transportasi yang menggunakan baterai listrik belum tumbuh di dalam negeri dan harga kendaraan listrik masih terbilang mahal.

Oleh karena itu, Kementerian ESDM meluncurkan program konversi sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi sepeda motor berbahan bakar listrik dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia.

Pada 2021 Kementerian ESDM telah melakukan konversi 100 unit sepeda motor yang tersebar di seluruh satuan kerja kementerian itu wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Perusahaan Amerika Konkretkan Pembangunan Pabrik Baterai dan Microchip untuk Kendaraan Listrik di Indonesia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1127 seconds (10.101#12.26)