4 Negara Asia Penghasil Minyak Bumi Terbesar, Indonesia Urutan Berapa?

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 10:49 WIB
loading...
A A A
Beberapa perusahaan raksasa minyak China di antaranya China Petroleum and Chemical Corporation (Sinopec), perusahaan minyak lepas pantai China (CNOOC), serta PetroChina. Ketiga perusahaan ini menyumbang sebagian besar dari total produksi tahunan negeri Tirai Bambu.

Sementara itu produksi minyak Asia tercatat sebesar 7,4 juta barel per hari (BPD) pada 2020. Sementara sejumlah negara di kawasan ini telah menemukan cadangan baru yang besar, namun penurunan produksi masih membayangi seiring mulai menuanya ladang minyak.

Akibatnya, analis memperkirakan tren penurunan produksi akan berlanjut untuk wilayah tersebut secara keseluruhan. China sendiri merupakan produsen minyak terbesar di kawasan Asia dengan selisih yang cukup besar, terhitung 5 juta barel minyak per hari seperti dikutip dari Investopedia.

China bertanggung jawab setidaknya lebih dari setengah dari total produksi Asia dan pada 2019 sempat mengumumkan bakal meningkatkan investasi modal dalam produksi minyak sebesar 20%.

China berharap dapat meningkatkan produksi demi kemandirian energi, lantaran negara itu mengimpor lebih dari 10 juta barel per hari pada 2019 untuk memenuhi permintaan domestik.

2. India

Selain sebagai negara konsumsi, India juga salah satu penghasil minyak bumi terbesar. Tercatat India memproduksi 771,000 barel minyak per hari pada tahun 2020, produksi India cukup stabil yang diiringi oleh melonjaknya konsumsi minyak di India.

Mereka menempati peringkat ketiga konsumen minyak terbesar di dunia setelah AS dan China. Pasokan minyak India didapatkan dari beberapa perusahaan milik negara seperti Oil and Natural Gas Corporation, yang menyumbang sekitar 71% dari produksi domestik.

Lalu ada Cairn Oil & Gas serta Vedanta Limited, cabang dari perusahaan minyak dan gas Inggris Cairn Energy PLC, adalah kontributor terbesar kedua untuk pasar minyak India. Perusahaan tersebut memproduksi 24% dari keseluruhan jumlah minyak mentah di India.

3. Indonesia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1994 seconds (11.252#12.26)