Balas China, AS Larang 26 Penerbangan dari 4 Maskapai

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:18 WIB
loading...
Balas China, AS Larang 26 Penerbangan dari 4 Maskapai
Pemerintah AS mengatakan, bakal menangguhkan 26 penerbangan menuju China dari Amerika Serikat oleh empat maskapai China. Foto/Dok
A A A
WASHINGTON - Pemerintah AS mengatakan, bakal menangguhkan 26 penerbangan menuju China dari Amerika Serikat oleh empat maskapai China . Langkah ini dilakukan sebagai tanggapan atas keputusan pemerintah China untuk menangguhkan beberapa penerbangan maskapai AS terkait kasus Covid-19.



Keputusan tersebut akan memengaruhi penerbangan oleh Xiamen, Air China, China Southern Airlines, dan China Eastern Airlines dari mulai 5 September hingga 28 September. Dikutip dari Departemen Transportasi AS (USDOT), belum lama ini ada pembatalan atas 26 penerbangan American Airlines, Delta Air Lines, dan United Airlines soal kasus Covid-19.

Penghentian sementara termasuk 19 penerbangan menuju China dari Los Angeles dan 7 penerbangan China Eastern dari New York.

Merespons aksi balasan AS, Juru bicara Kedutaan Besar China di Washington, Liu Pengyu mengatakan, tindakan USDOT itu "sangat tidak bertanggung jawab" dan "tanpa dasar menangguhkan penerbangan maskapai China."

Kedutaan besar mengatakan langkah-langkah pencegahan Covid-19 China dilakukan secara adil dan transparan, diterapkan baik untuk maskapai penerbangan China maupun asing dan konsisten dengan perjanjian transportasi udara bilateral.

USDOT mengatakan pada 7 Agustus bahwa pihak berwenang China telah merevisi kebijakan mereka sehingga jika jumlah penumpang dalam penerbangan ke China yang dites positif Covid-19 mencapai 4% dari total, maka satu penerbangan akan ditangguhkan. Jika mencapai 8%, dua penerbangan akan ditangguhkan.

Diterangkan oleh USDOT bahwa AS telah berulang kali mengajukan keberatan kepada China, dengan mengatakan aturan itu menempatkan "kesalahan yang tidak semestinya pada maskapai penerbangan". Saat para pelancong dites negatif sebelum naik penerbangan mereka dari Amerika Serikat hanya untuk "dites positif Covid-19 setelah kedatangan mereka di China."



Beijing dan Washington telah berdebat tentang layanan udara sejak awal pandemi. Pada Januari, Departemen Transportasi menangguhkan 44 penerbangan menuju China dari Amerika Serikat oleh empat maskapai China sebagai tanggapan atas keputusan China menangguhkan 44 penerbangan oleh maskapai AS.

Pada Agustus 2021, USDOT membatasi empat penerbangan dari maskapai China menjadi 40% kapasitas penumpang selama empat minggu setelah Beijing memberlakukan batasan yang sama pada empat penerbangan United Airlines.

Tiga maskapai penerbangan AS dan empat maskapai China biasanya mengoperasikan sekitar 20 penerbangan dalam seminggu antara kedua negara, jauh di bawah angka lebih dari 100 seminggu sebelum pandemi.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)