alexametrics

Yuk Dekor Balkon Agar Nyaman dan Cantik

loading...
Yuk Dekor Balkon Agar Nyaman dan Cantik
Foto/Pinterest
A+ A-
JIKA memiliki rumah tingkat, ada satu tempat yang dapat dibuat senyaman mungkin untuk kumpul keluarga. Paling tidak untuk bersantai seorang diri.

Balkon menjadi spot favorit untuk melihat lingkungan sekitar. Berlama-lama di atas balkon untuk sekadar membaca sambil ngopi pun bisa dilakukan. Anda akan semakin betah jika balkon dipercantik.

Amirullah arsitek dari Architectaria menjelaskan, sempitnya ruang bukan masalah besar karena banyak balkon kecil yang akhirnya tampak cantik setelah didekorasi.



Misalnya, adanya kotak-kotak bunga yang tergantung di luar dan sejumlah tanaman akan membuat ruangan balkon terlihat lebih asri. Apalagi, jika balkon mendapat tambahan nuansa alam seperti lantai kayu tentu suasananya akan lebih berbeda. (Baca: Bercinta Seminggu Sekali Bisa Membuat Hubungan Lebih Bahagia)

Situasi seperti itu itu pastinya akan membuat ruangan terasa sangat hangat dan nyaman. Terlebih apabila terdapat karpet kecil di pojok dengan meja kecil dan dua kursi plus lampu senar yang dapat membingkai seluruh ruang.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menambahkan beberapa perabot yang nyaman di sana seperti tempat tidur palet atau kursi, sehingga Anda dapat berbaring dan bersantai di tempat teduh. "Bisa juga menambahkan beberapa pencahayaan string dan beberapa tanaman untuk membuat balkon terasa seperti taman," ujarnya.

Jika Anda memiliki balkon besar, Anda juga dapat mengisinya dengan meja dan beberapa kursi. Sehingga, balkon menjadi multifungsi, bahkan dapat menjadi ruang makan dan ruang kerja. Hal yang sama berlaku jika Anda memiliki teras atap atau dak karena konsepnya sangat mirip dapat dibuat bermacam aktivitas.

Kursi taman dan kursi gantung bagus tidak hanya untuk ruang terbuka tetapi juga untuk area yang lebih tertutup seperti balkon. Kursi gantung dapat dipasangkan dengan kursi kecil. Agar lebih unik, meja dapat terbuat dari peti kayu yang telah diubah bentuknya sehingga balkon terasa lebih hidup. Tambahkan beberapa pot tanaman dan pertimbangkan mendekorasi pagar agar terlihat sungguhan. (Baca juga: Israel nekat Caplok Tepi Barat, Perdamaian di Palestina Terancam)

Amirullah mengatakan, membuat balkon terlihat menarik dan nyaman sebenarnya tidak sulit selama Anda memiliki gagasan tentang rencana untuk menggunakan ruang tersebut. Misalnya, saat mengetahui pemandangan dari balkon sangat bagus. Dapat dibuat balkon untuk mengagumi pemandangan tersebut. Beri karpet agar terasa lebih nyaman untuk rebahan atau dengan bantal duduk.

Fitur yang indah lainnya untuk di balkon juga bisa dengan tangga kayu. Ini adalah bagian multifungsi yang berguna sebagai dudukan untuk tanaman dan berbagai jenis lainnya.

"Jenis bangku yang bisa dipakai yakni bangku kecil berbentuk L sangat pas di satu sisi balkon ini. Terlihat ramping, sederhana dan nyaman, dan coba pilih pagar dari logam," tambahnya. (Lihat videonya: Lima rumah Warga terseret Longsor di Palopo)

Jika Anda cukup beruntung memiliki balkon besar, ada banyak desain keren dan dekorasi ide untuk dijelajahi. Meski begitu, tetap jaga agar ruang terlihat sederhana untuk mempertahankan kesan lapang. Termasuk menempatkan beberapa perabot yang nyaman seperti sofa daybed dan meja kecil. Bahkan, jika Anda memiliki cukup ruang, boleh juga ada kursi gantung. Sisanya balkon dapat diisi dengan tanaman beserta potnya. (Ananda Nararya)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top