Kembalikan Kejayaan IKN dengan Hutan, Pekerja Konstruksi Dibekali Pemanfaatan Teknologi

Minggu, 28 Agustus 2022 - 09:20 WIB
loading...
Kembalikan Kejayaan IKN dengan Hutan, Pekerja Konstruksi Dibekali Pemanfaatan Teknologi
Wakil Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Dhony Rahajoe mengatakan, hadirnya pelatihan TKK (Tenaga Kerja Konstruksi) akan memberikan bekal kepada calon tenaga kerja konstruksi bagaimana pemanfaatan teknologi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara , Dhony Rahajoe mengatakan, hadirnya pelatihan TKK ( Tenaga Kerja Konstruksi ) akan memberikan bekal kepada calon tenaga kerja konstruksi bagaimana pemanfaatan teknologi.

Baca Juga: Pembangunan IKN Nusantara Tahun 2022 Membutuhkan 30 Ribu Pekerja

Dhony berharap dengan pemanfaatan teknologi ini juga mampu melakukan transformasi pada proses pembangunan dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan. Sehingga sejalan dengan misi pembangunan IKN sebagai smart city (kota pintar), kota modern berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

"Kita akan kembalikan kejayaan IKN dengan hutan, sehingga bagaimana mempersiapkan manusianya, mempersiapkan penduduk lokal bukan hanya sebagai penonton saja, tapi sebagai pelaku utama dengan mengikuti transformasi teknologi," kata Dhony Rahajoe pada pernyataan tertulisnya, Sabtu (27/8/2022).

Diterangkan juga olehnya bahwa pembangunan IKN bukan hanya membangun fisik seperti infrastruktur gedung dan jalan. Lebih dari itu, pembangunan IKN mencakup pembangunan lingkungan dan manusianya.

"Nantinya 65 persen kawasan di IKN akan menjadi area hijau. Konsep ini akan menjadi model dalam rangka merawat harmoni dengan alam untuk mengembalikan kejayaan hutan tropis di Indonesia,” sambung Dhony.

Adapun saat ini menurutnya telah dilakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR dengan rekanan Trimble Solution SEA PTE. LTD untuk memfasilitasi 450 lisensi software Tekla Structures dan Trimble Connect yang akan dimanfaatkan pada pelatihan Building Information Modeling (BIM) dan pencetakan 500 instruktur BIM.

Baca Juga: Bangun Ibu Kota Nusantara, PUPR Latih Pekerja Konstruksi Lokal

Inovasi teknologi Building Information Modelling merupakan representasi rencana bangunan aktual yang dituangkan secara digital berbentuk tiga dimensi dan animasi yang dapat dilihat menggunakan Virtual Reality (VR).

Dengan menggunakan model 3D ini maka informasi yang digunakan pada teknologi BIM sebagai landasan untuk stakeholder melakukan decision making dalam setiap tahapan konstruksi.

Dengan menggunakan BIM dan platform CDE (Common Data Environment), proses approval dokumen dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Senjutnya teknologi BIM juga sudah dapat digunakan sebagai pembanding antara perencanaan dengan realisasi di lapangan baik dari segi volume pekerjaan, biaya, maupun penjadwalannya.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1752 seconds (11.210#12.26)