Sejarah Uang dalam Peradaban Manusia, Ada Jiaozi dari Daratan China

Rabu, 31 Agustus 2022 - 19:16 WIB
loading...
A A A
Sama seperti jenis uang sebelumnya, penggunaan uang kertas ternyata juga tidak luput dari masalah. Inflasi yang terjadi membuat China menghilangkan peredaran uang kertas pada tahun 1455. Sementara itu, uang kertas pertama kali memasuki Eropa pada abad ke-17.



Uang kertas yang pertama kali beredar di dunia bukanlah seperti uang kertas yang dikenal masyarakat awam saat ini, melainkan dalam bentuk deposito. Deposito kemudian digunakan masyarakat sebagai klaim atas emas atau perak yang disimpan dalam sebuah bank. Secara bertahap, pemerintah mulai mengambil peran dan mulai membuat alat pembayaran yang sah. Pemerintah kemudian mengganti uang fidusia dengan uang kertas fiat sebagai alat pembayaran yang sah.

Memasuki era modernisasi, alat transaksi pun menjadi jauh lebih efektif. Terciptanya mata uang digital memungkinkan manusia untuk melakukan transaksi dengan mudah dan cepat. Bitcoin merupakan sistem mata uang digital pertama yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Mata uang ini tidak dikeluarkan oleh bank sentral manapun. Cara kerjanya pun mirip dengan saham, di mana nilainya ditentukan oleh penawaran. Baca pembahasan mengenai Uang Baru selengkapnya di IDXChannel.com melalui link berikut https://www.idxchannel.com/tag/Uang-Baru

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)