Siasat Perusahaan Jack Ma di Indonesia Atasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Kamis, 01 September 2022 - 21:51 WIB
loading...
Siasat Perusahaan Jack Ma di Indonesia Atasi Dampak Kenaikan Harga BBM
Lazada sudah menyiapkan strategi menghadapi kenaikan harga BBM subsidi. Foto/Lazada
A A A
JAKARTA - Teknologi diyakini mampu mengompensasi dampak dari kenaikan harga BBM subsidi. Dengan teknologi k ecerdasan buatan (artificial intelligence), penggunaan BBM akan lebih efisien.



Langkah itulah yang dilakukan oleh Lazada. Untuk mendapatkan rute yang cepat dan dekat, Lazada menggunakan teknologi AI sehingga sangat membantu para kurirnya ketika mengirimkan barang.

“Teknologi ini (AI) supaya penggunaan kendaraan itu efisien,” Chief Technology Officer, dalam sebuah diskusi dengan sejumlah awak media, di kantor Lazada Singapura, Kamis (1/9/2022).

Tak cuma itu, untuk mengurangi penggunaan BBM, Lazada akan menggunakan kendaraan listrik jenis motor. Melalui unit logistiknya, Lazada Logistics, Lazada berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk menyediakan BlueVehicle di Indonesia.

Blue Vehicle merupakan armada pengiriman paket ramah lingkungan bagi mitra kurir (frontliner) dengan menggunakan kendaraan listrik. Smoot akan menyediakan Smoot Motor sebagai kendaraan berbasis listrik utama bagi frontliner Lazada Logistics di Jakarta.

Lazada juga mengintegrasikan jaringan penyimpanan dan pengiriman barangnya dengan Alibaba. E-commerce ini pun bekerja sama dengan layanan logistik di bawah naungan Alibaba, yakni AliExpress.

Di luar itu, Lazada sangat perhatian dengan teknologi berkelanjutan. Mereka menggunakan perangkat-perangkat teknologi untuk menciptakan efisensi dan juga ramah lingkungan.



Lazada adalah e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012. Tahun 2016, Alibaba Group Holding, perusahaan e-commerce besar asal China milik Jack Ma, membeli saham Lazada senilai USD1 miliar atau setara Rp13 triliun. Mei lalu Alibaba juga menyuntik kembali Lazada sebesar Rp5,5 triliun.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)