Pasar Data Center Tumbuh Signifikan, Kinerja Daya Listrik yang Andal Jadi Tuntutan

Jum'at, 02 September 2022 - 21:12 WIB
loading...
Pasar Data Center Tumbuh Signifikan, Kinerja Daya Listrik yang Andal Jadi Tuntutan
ABB di Indonesia mendukung AREA31 yang ditargetkan beroperasi pada kuartal IV/2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pasar data center di Indonesia tumbuh signifikan selama beberapa tahun terakhir. Faktor pendorongnya terutama adalah kian luasnya tingkat konektivitas dan ekspansi besar-besaran dari sektor e-commerce, yang telah tumbuh 48% pada tahun lalu.

Selain itu, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menerapkan konsep smart city melalui teknologi infrastruktur IoT untuk jalan raya, lampu jalan, dan lampu lalu lintas.

Kesemuanya itu mendorong pertumbuhan kebutuhan akan data center yang inovatif untuk mendukung pertumbuhan konsumsi data.

Head of Data Center Segment ABB Electrification di Indonesia Joedy Lim mengatakan, kombinasi antara kemajuan akses internet di Indonesia dan komitmen pemerintah terkait konektivitas telah menciptakan pertumbuhan yang signifikan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

“Pasar data center Indonesia diperkirakan tumbuh dari USD1,67 miliar menjadi USD3,43 miliar, dengan Laju Pertumbuhan Majemuk (CAGR) sebesar 13,5% antara tahun 2022-2027,” terang dia melalui siaran pers, dikutip Jumat (2/9/2022).



Untuk data center, sambung Joedy, perlindungan daya yang andal adalah kunci untuk memastikan tidak adanya waktu henti dalam operasional.

Guna memenuhi kebutuhan akan pasokan listrik yang andal sehingga ketersediaan layanan bagi pelanggan terjamin, ABB di Indonesia mendukung AREA31.

Melalui UPS PowerWave 33 dari ABB, AREA 31 akan mendapatkan kepastian pasokan listrik untuk infrastruktur jaringan yang kritikal pada data center tersebut.

“ABB PowerWave 33 menjadi solusi sempurna yang menghadirkan kombinasi luar biasa antara efisiensi energi dan kinerja daya listrik,” kata Joedy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)