Edukasi MotionPay: Mengenal Asal-usul Internet dan Perkembangannya

Senin, 05 September 2022 - 14:38 WIB
loading...
Edukasi MotionPay: Mengenal Asal-usul Internet dan Perkembangannya
Di zaman modern saat ini, internet telah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Di zaman modern saat ini, manusia sangat bergantung pada internet , bahkan internet telah menjadi kebutuhan primer. Keberadaan internet tentunya sangat membantu aktivitas manusia, seperti untuk komunikasi, bisnis, pendidikan, hiburan, dan sebagainya. Meskipun internet telah menjadi “sahabat” manusia, namun mungkin masih banyak yang tidak mengetahui sejarah perkembangan internet di dunia.

Pada tahun 1969, internet dikembangkan pertama kali pada oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk kebutuhan militer. Melalui lembaga ARPA, dibentuklah proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang awalnya hanya menghubungkan 4 situs saja yang terkoneksi secara terpadu, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. Namun, semakin banyak universitas yang ingin bergabung dalam ARPANET.

Baca Juga: Kemudahan Transaksi dengan QRIS di Aplikasi MotionPay

Pada tahun 1974, Vint Cerf yang dikenal sebagai “Bapak Internet” bersama Bob Khan mempublikasikan Transmission Control Protocol (TCP) yang kemudian pada tahun 1978 dipecah 2 menjadi Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). Kemudian, pada awal 1980-an, komputer pribadi atau personal computer (PC) menjamur dan menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Pada tahun 1986, mulai diperkenalkan sistem nama domain kepada masyarakat yang kemudian dikenal dengan Domain Name System (DNS) yang berfungsi menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Baca Juga: Anti Ribet! Perencanaan Keuangan dengan Dompet Digital MotionPay

Hingga kini, internet terus dikembangkan dan semakin menyatu dengan kehidupan manusia, bahkan sepertinya sudah tidak bisa lepas dari internet. Oleh karena itu, internet semakin mudah diakses dengan cara berlangganan, salah satunya dengan MNC Play yang merupakan provider internet. Agar penggunaan internet semakin lancar, Anda dapat melakukan pembayaran MNC Play setiap bulan melalui aplikasi MotionPay, apalagi bisa memperoleh MotionPoints. Buruan download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay .

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance).
(fai)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1850 seconds (11.97#12.26)