3 Negara Timur Tengah yang Pernah Berutang ke China

Selasa, 06 September 2022 - 12:19 WIB
loading...
3 Negara Timur Tengah yang Pernah Berutang ke China
Sedikitnya ada tiga negara Timur Tengah yang pernah berutang ke China. Foto DOK Cgtn
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga negara Timur Tengah yang pernah berutang ke China . Dikenal sebagai kreditur resmi terbesar, Negeri Tirai Bambu tidak segan untuk memberikan pinjaman dalam besaran tertentu bagi yang menginginkannya.

Tak hanya negara-negara di kawasan Afrika, beberapa negara di kawasan Timur Tengah juga tak luput dari jangkauan program pinjaman luar negeri China. Sebagian menyambut baik program Beijing tersebut, namun tidak jarang juga yang menganggap proyek tersebut adalah bagian dari jebakan utang China.

Baca juga : Negara-negara Ini Disebut-sebut Jadi Korban Jebakan Utang China

Berikut tiga negara Timur Tengah yang pernah berutang ke China :

1. Oman

Pada 2017, pemerintah Oman telah mengumpulkan sekitar USD3,55 miliar melalui pinjaman sekelompok lembaga keuangan China. Hal ini menjadi pencarian dana terbaru pemerintah setelah sebelumnya meminjam lebih dari USD10 miliar untuk mengisi pundi-pundi anggaran yang terpukul karena harga minyak yang sedang rendah.

Dikutip dari Reuters, Oman menandatangani pinjaman berjangka tanpa jaminan dengan jatuh tempo selama lima tahun. Pinjaman tersebut mendapat bunga yang kuat dari bank-bank terkemuka di China.

Dengan pinjaman tersebut, Oman berharap bisa menyelesaikan kebutuhan pembiayaan untuk defisit fiskal 2017 yang diharapkan.

2. Suriah

Suriah memutuskan untuk mencari dana dari China akibat putus asa dalam usahanya memulihkan ekonomi pasca perang saudara yang melanda. Hal ini membuatnya bergabung dengan proyek Belt and Road Initiative (BRI) yang digagas Beijing.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1477 seconds (11.252#12.26)