Labuan Bajo Tuan Rumah G20, Begini Cara ABB Bantu PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Kamis, 08 September 2022 - 22:02 WIB
loading...
A A A
Apabila salah satu sumber penyulang listrik tersebut mengalami gangguan, listrik pada pelanggan akan tetap menyala karena masih mendapatkan suplai dari sumber listrik yang lain. Dengan demikian, pelanggan tidak akan mengalami gangguan padam listrik yang dijamin selama 24/7.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko menyampaikan, layanan ZDT membutuhkan terapan teknologi terkini untuk mengatasi tantangan dengan kompleksitas yang tinggi.

“Untuk mengatasi tantangan tersebut, PLN bekerja sama dengan berbagai penyedia peralatan yang memiliki pengalaman pada bidang tersebut sehingga tingkat keandalan dapat dijaga serupa dengan beberapa proyek strategis yang lain,” ujarnya melalui siaran pers, dikutip Kamis (8/9/2022).



Menurut dia, berbagai peralatan pendukung sistem kelistrikan di lokasi DPSP Labuan Bajo saling terintegrasi dengan tujuan mencegah pelanggan premium ZDT mengalami padam.

Mulai dari peralatan pembangkit, distribusi, hingga proteksi sistem kelistrikan dimanfaatkan sebagai upaya mitigasi potensi penyebab padam.

“Salah contoh peralatan berteknologi tinggi yang saat ini sudah terpasang di sistem kelistrikan ZDT Labuan Bajo adalah Kubikel Tegangan Menengah (20 KV) terintegrasi dengan Proteksi Arus Lebih Line Differential dimana gangguan penyebab padam dapat terlokalisir,” terang dia.

Sementara itu, sebagai mitra PLN, ABB telah memasok lebih dari 50 relai proteksi seri Relion 615 yaitu tipe REF615 dan RED615 untuk proyek ZDT ini.

Labuan Bajo Tuan Rumah G20, Begini Cara ABB Bantu PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik


Dalam sistem distribusi listrik, relai proteksi dirancang untuk melindungi sistem kelistrikan saat terjadi gangguan. Ketika suatu gangguan terdeteksi, relai proteksi akan secara otomatis melakukan berbagai langkah perlindungan dan memastikan pasokan listrik tidak terganggu atau meminimalisir dampak gangguan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)