Bujuk Investor Tanam Modal di 5 DPSP, Bahlil: Indonesia Tujuan Pariwisata Dunia

Jum'at, 09 September 2022 - 19:48 WIB
loading...
Bujuk Investor Tanam Modal di 5 DPSP, Bahlil: Indonesia Tujuan Pariwisata Dunia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto/MPI/Iqbal Dwi Purnama
A A A
JAKARTA - Pemerintah menggelar forum investasi dalam rangka mencari investor untuk pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Acara bertajuk Investment Forum: 5 Super Priority Tourism Destinations diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan salah satu dari 5 DPSP.

Adapun empat DPSP lainnya yaitu Danau Toba di Sumatra Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, saat ini industri pariwisata merupakan sektor yang paling besar terdampak pandemi Covid-19.



Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dalam rangka pengembangan 5 DPSP tersebut.

Menurut dia, sektor pariwisata juga memiliki kontribusi yang besar terhadap penciptaan lapangan kerja bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Saya tidak segan-segan meyakinkan bahwa di Indonesia banyak tempat-tempat wisata yang bisa dituju dan memiliki alam yang bagus. Saya yakinkan investor bahwa Indonesia merupakan tujuan pariwisata dunia,” kata Bahlil dalam sambutannya secara virtual, Jumat (9/9/2022).



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menambahkan, pengembangan 5 DPSP ini merupakan program pemerintah untuk menciptakan destinasi kelas dunia baru selain Bali.

Hal ini dilakukan agar tercipta pemerataan perekonomian dan memaksimalkan sumber daya pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia.

“Saya meyakini bahwa forum ini dapat mengakselerasi pengembangan destinasi super prioritas, terutama melalui pengelola kawasan ekonomi dan badan pelaksana otorita. Para investor janganlah ragu untuk berinvestasi di destinasi pariwisata Indonesia,” kata Sandiaga.



Untuk itu menurutnya diperlukan kolaborasi antara Kementerian Investasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menarik investor baik dalam negeri maupun asing untuk mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia, khususnya di 5 DPSP tersebut.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)