Raup Cuan dengan Modal Ponsel dan Internet, Begini Caranya

Jum'at, 09 September 2022 - 22:22 WIB
loading...
Raup Cuan dengan Modal Ponsel dan Internet, Begini Caranya
Meski bekerja dari rumah, setiap orang tetap bisa produktif dan kreatif. Ilustrasi Foto/pexels/karolina grabowska
A A A
JAKARTA - Teknologi digital telah banyak mengubah tren dan perilaku kehidupan masyarakat termasuk profesi atau pekerjaan. Selain munculnya beragam profesi baru, kemajuan teknologi informasi menawarkan berbagai kenyamanan bagi setiap orang dalam mencari pendapatan atau berbisnis hingga mendulang cuan.

Dalam webinar bertajuk “Meraup Cuan Sambil Rebahan di Era Digital” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu (7/9), Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMI Makassar Izki Fikriani Amir mengatakan, saat ini terjadi pergeseran karena profesi pekerjaan semakin banyak seiring kemajuan teknologi digital. Generasi milenial masa kini pun lebih tertarik dengan pekerjaan yang bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

Di lain pihak, tren permintaan pekerjaan pun berubah dan lebih fokus mengedepankan pemanfaatan teknologi, sehingga keterampilan digital menjadi tuntutan.

“Pahami apa kebutuhan pekerjaan di era digital ini sehingga kita dapat mempersiapkan. Selain itu, diharapkan memiliki skill dan kemampuan teknologi agar dapat bertahan di era digital saat ini,” ujarnya, dikutip Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Ada 10 Juta Jenis Pekerjaan Baru pada 2030, Kemnaker Tegaskan Komitmen Siapkan Kompetensi

Adapun beberapa pekerjaan yang hadir di era digital di antaranya social media specialist, selebgram atau pemengaruh, kreator konten, penulis konten, Youtuber, pemasaran digital, programmer, desain grafis, dan web developer.

Agar tidak salah pilih pekerjaan di era digital, pastikan selalu meng-update portofolio, menciptakan kehadiran daring atau online presence, melamar pekerjaan sesuai spesifikasi, mencari perusahaan yang budaya kerjanya cocok, dan mempersiapkan diri untuk segala macam wawancara.

Seiring masifnya penggunaan media sosial (medsos), Izki juga menyarankan untuk memanfaatkan medsos dengan maksimal.

“Aktif gunakan medsos, bukan sekadar mengunggah kegiatan sehari-hari tapi lebih ke tujuan yang ingin dicapai, misalnya dengan mengunggah konten atau story yang bisa menggambarkan skill kita. Tips lainnya, kuasai software dan aplikasi terkait, serta perluas wawasan dan kemampuan berbahasa Inggris,” saran dia.

Dalam webinar yang ditujukan untuk komunitas masyarakat di Sulawesi dan sekitarnya itu, relawan Mafindo Fachruddin Palapa menyoroti budaya bekerja dari rumah alias work from home (WFH) yang dipicu hadirnya pandemi Covid-19 dan kini banyak menjadi pilihan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1877 seconds (11.252#12.26)