Masih Ketergantungan, Impor Jerman dari Rusia Terus Meningkat

Selasa, 13 September 2022 - 23:37 WIB
loading...
Masih Ketergantungan, Impor Jerman dari Rusia Terus Meningkat
Jerman sepertinya belum bisa lepas dari ketergantungan terhadap Rusia, dimana ekonomi terbesar Eropa itu harus merogoh miliaran dolar untuk impor. Foto/Dok
A A A
BERLIN - Jerman sepertinya belum bisa lepas dari ketergantungan terhadap Rusia , dimana ekonomi terbesar Eropa itu harus merogoh miliaran dolar untuk impor. Tercatat nilai impor produk dari Rusia oleh Jerman mencapai senilai USD2,95 miliar atau setara Rp43,6 triliun (Kurs Rp14.802 per USD) pada bulan Juli 2022, menurut data yang dirilis pada hari Senin.

Baca Juga: Rusia Tutup Pasokan Gas, Jerman Rogoh Kocek hingga Rp957 Triliun

Kenaikan biaya energi menggagalkan upaya Jerman menghentikan perdagangan dengan Rusia. Nilai impor Jerman dari Rusia naik 10,2% dibandingkan Juli 2021, kata Kantor Statistik Federal.

Diterangkan lebih lanjut bahwa lonjakan harga, terutama pada sektor energi karena pengurangan pengiriman gas Rusia mendongkrak tagihan energi untuk rumah tangga dan bisnis di Jerman.

Pada bulan Juli 2022, Jerman mengimpor minyak mentah dan gas alam dari Rusia senilai 1,4 miliar euro, atau mengalami kenaikan naik 1,6% dari tahun sebelumnya seperti dilaporkan data resmi.

Baca Juga: Mengurai Fakta Cara Eropa Mencari Pengganti Gas Rusia Saat Pasokan Diputus

Sementara impor coke dan produk minyak bumi Rusia sebesar 0,5 miliar euro atau naik 72,5% dan impor batu bara Rusia lebih dari dua kali lipat nilainya menjadi 0,3 miliar euro.Selanjutnya saat nilai impor dari Rusia naik, Jerman mampu mengurangi keseluruhan volume barang yang diimpor dari negara itu pada Juli sebesar 45,8% dari data yang dirilis.

Di sisi lain, ekspor Jerman ke Rusia turun 56,8% dalam hal nilai karena Jerman menggenjot bisnis ekspornya dengan Amerika Serikat dan tetangganya Prancis dan Belanda.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1052 seconds (10.177#12.26)