Kementan Dorong dan Tingkatkan Minat Generasi Milenial Tekuni Pertanian

Minggu, 18 September 2022 - 14:07 WIB
loading...
Kementan Dorong dan Tingkatkan Minat Generasi Milenial Tekuni Pertanian
Direktur Program YESS Idha Widi Arsanti (dua kanan) didampingi Project Manager YESS Jatim Acep Hariri (dua kiri) bersama petani milenial Wahyu Candra Nugroho (kanan) di Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022).
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong dan meningkatkan minat tenaga-tenaga muda atau generasi milenial untuk menekuni sektor pertanian. Inilah komitmen besar pemerintah dalam memfasilitasi generasi milenial di bidang pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Dalam rangka efektivitas pelaksanaan Program YESS, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementan Idha Widi Arsanti, selaku Direktur Program YESS hadir langsung melakukan pembinaan serta pendampingan di wilayah pelaksanaan Program YESS di Malang, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022). Direktur Program YESS melakukan kunjungan di wilayah pelaksanaan Program YESS di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Komitmen tersebut sejalan harapan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bahwa sektor pertanian merupakan sesuatu yang menjanjikan bagi generasi milenial. Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

(Baca juga:Membangkitkan Petani Milenial)

“Pertanian adalah sesuatu yang pasti menjanjikan. Saya ingin katakan kalau kau mau tidak miskin bertanilah. Bertani itu pasti hebat. Menjadi petani milenial pasti keren dan bisa kaya raya,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi berharap melalui program YESS akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi SDM dari perdesaan serta meningkatnya jumlah wirausahawan muda di bidang pertanian.

“Sektor pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan berdampak pada penurunan angka pengangguran serta mencegah terjadinya urbanisasi,” katanya.

(Baca juga:Peran Petani Milenial Dongkrak Perekonomian)

Dedi Nursyamsi mengharapkan petani milenial dan wirausahawan muda pertanian mampu menjadi resonansi penggerak tenaga muda di sekitarnya untuk menjadi SDM pertanian unggulan, yang mampu menggenjot pembangunan pertanian menjadi pertanian maju, mandiri dan modern.

Dalam kunjungan ini, Direktur Program YESS melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Pertanian, DCT, DIT, BDSP, Mobilizer serta Fasilitator di salah satu Penerima Manfaat Program YESS, Vicky Fajar Ibrahim (Hidroponik) di Kecamatan Rejotangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)