Rebut Peluang Pasar 202 Juta Pengguna Internet, Simak Kiat Bisnis Online Bagi Pemula

Selasa, 20 September 2022 - 07:15 WIB
loading...
Rebut Peluang Pasar 202 Juta Pengguna Internet, Simak Kiat Bisnis Online Bagi Pemula
Masifnya penggunaan internet menciptakan peluang usaha sekaligus peluang pasar yang besar. Foto/pexels/cottonbro
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi digital dan masifnya penggunaan internet di Indonesia menciptakan peluang usaha sekaligus peluang pasar yang besar.

Tak kurang 202 juta pengguna internet di Tanah Air saat ini, tentunya sangat sayang jika momentum emas ini dilewatkan dan tidak dioptimalkan untuk membangun bisnis daring atau online yang tak hanya menghasilkan keuntungan tapi juga bisa menyejahterakan orang banyak.

Bisnis online merupakan kegiatan usaha yang dilakukan dengan menggunakan koneksi internet. Dalam hal ini, aktivitas bisnis baik produk maupun layanan jasa yang ditawarkan dilakukan melalui media internet, mulai dari negosiasi hingga kegiatan transaksi tanpa harus bertatap muka dengan pelanggan.

Dengan modal minim bahkan nyaris tanpa modal, orang bisa memulai bisnis online. Namun, agar bisnis berkelanjutan, diperlukan semangat pantang menyerah, kreativitas, serta pengetahuan akan etika dan legalitas bisnis.

Dalam webinar bertajuk “Kreatif & Inovatif dalam Berbisnis Online” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Selasa (13/9), Fashion Director Sofiadewi.co Sofia Sari Dewi membeberkan kelebihan bisnis online.

Antara lain modal relatif kecil dan terjangkau, mudah dilakukan, waktu tidak terbatas, serta pemasaran lebih mudah dan bervariasi. Namun, kekurangannya adalah bergantung sepenuhnya pada internet, ada risiko penipuan, dan kendala pengiriman.

Bagi pelaku usaha pemula yang ingin merintis bisnis online, Sofia menyarankan untuk memiliki minimal tiga modal, yaitu semangat, sabar dan percaya diri.

“Pilih produk atau jasa yang tepat. Bisa dimulai dengan berjualan sesuatu yang disukai, misalnya suka makanan dan bisa masak, cobalah jualan makanan. Tentukan juga target pasarnya. Ingat, ada 202 juta pengguna internet di Indonesia, coba targetkan 1% saja jadi pelangganmu,” ujarnya, dikutip Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Belajar dari Pertahanan dan Keamanan Digital di Tengah Perang Rusia-Ukraina

Dia melanjutkan, langkah berikutnya adalah menyiapkan modal usaha, melakukan branding, menentukan platform untuk jualan atau promosi, membuat toko online.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1893 seconds (10.55#12.26)