Upaya Mendorong Bisnis UMKM Naik Kelas

Rabu, 21 September 2022 - 13:30 WIB
loading...
Upaya Mendorong Bisnis UMKM Naik Kelas
Sejumlah pihak terus berupaya meningkatkan bisnis UMKM. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - The International Monetary Fund (IMF) memprediksi di tahun 2045 Indonesia akan menjadi negara ke-4 dengan ekonomi terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Selaras dengan prediksi IMF, menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM , pada tahun 2021 mengatakan bahwa 61% dari peningkatan ekonomi dan produk domestik bruto (PDB) disumbang oleh bisnis UMKM , bahkan bisnis ini menyerap 97% dari lapangan pekerjaan.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Minta Pelaku UMKM dan Ekraf di Sumut Bergerak Cepat

Namun demikian, masih banyak kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM, mulai dari akses keuangan hingga sumber daya manusia. Selain itu juga masalah strategi mengembangkan bisnis UMKM.

“International Business Times mengatakan bahwa pendekatan trial & error adalah salah satu cara para pebisnis untuk mengidentifikasi strategi yang tidak berhasil dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bisnis. Tapi pendekatan trial & error membutuhkan uang, tenaga, dan waktu yang tidak sedikit. Jika kita bisa mempercepat proses pembelajaran trial & error ini, maka pebisnis UMKM bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya,” jelas Coach Yohanes G. Pauly, Global Awards Winning Business Coach sekaligus Founder GRATYO Practical Business Coaching, dalam keterangannya, Rabu (21/9/2022).

Saat ini banyak pihak yang berupaya menggenjot pertumbuhan UMKM, baik dari sisi pemerintah maupun swasta. Salah satu cara yang dipercaya bisa membantu akselerasi adalah dengan business coaching. Seperti yang pernah dikatakan oleh Bill Gates, Founder dari Microsoft,: Setiap orang butuh seorang Coach. Kita semua butuh orang yang memberikan masukan (yang jujur). Dengan cara itu, kita bisa memperbaiki diri.

Dengan business coaching, pelaku bisnis bisa menerapkan strategi-strategi praktis yang terbukti berhasil di lapangan, hingga menemukan blind-spot yang selama ini tidak disadari pebisnis yang membuat bisnisnya belum bisa profitable & auto pilot.

Sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia, GRATYO Practical Business Coaching yang merupakan business coaching company kelas dunia, menghadirkan kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF). Kompetisi ini bertujuan untuk mencari pemilik bisnis UMKM dan calon entrepreneur untuk di-coaching gratis selama 1 tahun agar bisnisnya bisa naik kelas.

“Saya percaya bisnis UKM itu bukan usaha kecil menengah, tapi usaha kecil miliaran,” ucap Merry Riana, Managing Principal MD Co, yang ikut berkolaborasi di kompetisi Indonesia Mencari Founders ini.

David Tjokrorahardjo yang merupakan Managing Principal dari MD. Co dan Managing Principal dari Sovereign’s Capital menambahkan bahwa, bisnis itu butuh transaksi, namun bisnis bukan hanya tentang transaksi. "kita mau bisnis UMKM Indonesia naik kelas. Makanya kita berkolaborasi membuat Indonesia Mencari Founders ini,” katanya.

Pertama kali dihadirkan, IMF dirancang sebagai kompetisi para pendiri bisnis baik untuk wirausahawan baru maupun wirausahawan mapan untuk menjadi GRATYO Indonesia Entrepreneur of The Year 2022 dengan hadiah senilai Rp1 miliar. Pendaftaran IMF dimulai pada bulan Agustus sampai September 2022.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1555 seconds (11.210#12.26)