Indonesia Trading House Bakal Tingkatkan Ekspor UKM Indonesia ke Jepang

Kamis, 22 September 2022 - 19:07 WIB
loading...
Indonesia Trading House Bakal Tingkatkan Ekspor UKM Indonesia ke Jepang
Ekspor UKM ke Jepang bisa terus didongkrak dengan terbentuknya Indonesia Trading House di Tokyo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Japnas Sinergi Nusantara yang merupakan salah satu bentuk kolaborasi bisnis antaranggota Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas), menandatangani nota kesepahaman (MoU) inisiasi pembentukan Indonesia Trading House di Tokyo pada Rabu 21 September 2022. PT Japnas diberikan amanah sebagai aggregator, kurator, sekaligus pelaksana UKM Center di Tokyo.

Baca juga: D'Masiv Bakal Tampil di Pestapora, Rian Beri Kode Kolaborasi: Bareng Musisi Idola Kita

"Kepercayaan ini merupakan tanggung jawab besar dan kami akan berupaya menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya demi tercapainya cita-cita mulia kita bersama,” kata Direktur Utama PT Japnas Sinergi Nusantara Henny Fauziyah Salman yang juga Ketua Umum PW JAPNAS Kalimantan Tengah, dalam keterangannya, Kamis (22/9/2022).

MoU yang ditandatangani oleh Hilman Tisnawan (Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo), Yudhi Zufrial (General Manager Bank BNI Cabang Tokyo), Sony Syahlan (CEO Regional Garuda Indonesia untuk Jepang), Agus Wicaksono (Kepala Pertamina Tokyo/PPT Energy Trading Co. Ltd), Arief Wibisono, (Atase Perdagangan KBRI Tokyo), serta PT Japnas Sinergi Nusantara ini bertujuan untuk meningkatkan Pengembangan ekspor Indonesia ke Jepang melalui pemanfaatan Indonesia Trading House di Tokyo.

“Indonesia Trade House ini nantinya menjadi pelaksana dari Indonesia SME Center di Tokyo, yang merupakan satu kesatuan platform yang terdiri dari KBRI Tokyo, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia Tokyo, Bank BNI Tokyo, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Tokyo, dan Pertamina Tokyo,” lanjut Henny.

Indonesia Trading House Bakal Tingkatkan Ekspor UKM Indonesia ke Jepang


Sebagai tindak lanjut dari kerja sama ini, dalam waktu dekat PT Japnas Sinergi Nusantara (JSN)akan bekerja sama dengan local partner di Jepang mendirikan sebuah perusahaan baru yang berperan sebagai pelaksana Indonesia Trade House di Jepang. Sedangkan PT JSN sendiri akan berkolaborasi dengan mitra binaan Bank Indonesia, Bank BNI, Pertamina dan Garuda Indonesia.

"Tidak hanya itu kami juga bekerja sama dengan Dekranas yang ada di daerah guna memfasilitasi ekspor mereka ke Jepang,” tandas Henny.

Senada dengan Japnas, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi menyambut baik kerja sama pembentukan Indonesia Trade House di Jepang. Diharapkan Indonesia Trading House ini dapat menjadi salah satu pelaksana dari Indonesia SME Center in Tokyo terutama untuk penyediaan sarana pergudangan (warehouse).

"Dan juga wadah bagi para UMKM Indonesia sebagai aggregator pemasaran produk UKM Indonesia ke Jepang,” ungkap Heri.

Saat ini Indonesia merupakan “mitra alami” Jepang, ditandai dengan hubungan diplomatik sejak 1958 dan Jepang merupakan salah satu mitra dagang dan investor terbesar bagi Indonesia. Pada tahun 2021, total perdagangan Indonesia dan Jepang mencapai USD 32,5 Milyar atau naik 33,54% dibandingkan tahun 2020 sebesar USD24,3 miliar.

Total Perdagangan tahun 2021 pun sudah melebihi tahun 2019 sebelum pandemi terjadi yaitu USD31,7 miliar. Ekspor Indonesia ke Jepang tahun 2021 naik 30,67% dan ekspor Jepang ke Indonesia juga naik 37,22%. Hal ini menandakan kedua negara tumbuh bersama dan saling membutuhkan.

Untuk menjaga momentum tersebut dan mendorong peningkatan ekspor produk Indonesia ke Jepang, khususnya produk UKM, perlu terus dilakukan langkah-langkah inovatif dan kolaboratif di antara seluruh pemangku kepentingan, baik pihak pemerintah maupun swasta.

Baca juga: Gawat! Tak Terima Digurui, Panglima TNI Marahi Danjen Kopassus karena Menolak Perampingan Pasukan

“Setelah tahun lalu dibentuk Indonesian SME Center in Tokyo, Alhamdulillah pada tahun ini telah terbentuk Indonesia Trading House sebagai langkah konkrit untuk membantu dan mendorong ekspor UKM,“ pungkas Heri.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)