600 Nasabah Mekaar di Manado Dapat NIB, Menkop Teten Apresiasi Peran PNM

Sabtu, 24 September 2022 - 23:10 WIB
loading...
600 Nasabah Mekaar di Manado Dapat NIB, Menkop Teten Apresiasi Peran PNM
PNM menggelar pelatihan literasi keuangan dan NIB bagi nasabah Mekaar di Manado, Sulawesi Utara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkomitmen memberikan pendampingan serta literasi bagi nasabahnya, salah satunya adalah memberikan pelatihan pentingnya nasabah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Hari ini, pelatihan tersebut menyapa ratusan nasabah Mekaar di Manado dengan menggandeng Garda Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro). Kegiatan ini turut dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM (MenkopUKM) Teten Masduki dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki mengatakan, di Sulawesi Utara telah diterbitkan NIB bagi 600 nasabah PNM Mekaar.

Nasabah PNM di Sulawesi Utara juga sudah mencapai 101.000 dengan 30 kantor layanan dan 400 pendamping lapangan atau AO.

"Selain perusahaan pembiayaan yang memberikan akses modal, PNM juga punya ciri khas memberikan pemberdayaan berupa pelatihan. Jadi, PNM punya pelatihan mulai dari pembentukan mental usaha, motivasi, pembelajaran untuk menjadi pengusaha, peningkatan produktivitas, dan lainnya," ujarnya, Sabtu (24/9/2022).



Dalam sambutannya, MenkoUKM Teten Masduki menyampaikan bahwa NIB sangat penting bagi pelaku usaha mikro, agar tidak lagi berstatus usaha informal tetapi naik kelas menjadi pelaku usaha formal.

Dalam kesempatan tersebut, Teten juga mengapresiasi PNM yang sangat concern dalam melaksanakan pendampingan bagi nasabah PNM Mekaar

Senada, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengapresiasi PNM yang telah memberikan NIB kepada 600 nasabah PNM Mekaar. Menurut dia, hal itu dapat meningkatkan kegiatan ekonomi rakyat di daerahnya.

"Saya berterima kasih atas peran PNM yang membantu kesiapan anggota dalam melaksanakan kegiatan ekonomi UMKM yang ada di wilayah ini. Semoga ini tetap berlanjut terus sehingga manfaatnya dapat dinikmati masyarakat Sulawesi Utara," ujarnya.



Sebagai informasi, hingga 24 September 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp148,56 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,7 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 4186 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 Provinsi, 443 Kabupaten/Kota, dan 5640 Kecamatan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)