Daftar 5 Investor Traveloka, Terakhir hingga Rp7,5 Triliun

Senin, 26 September 2022 - 13:42 WIB
loading...
Daftar 5 Investor Traveloka, Terakhir hingga Rp7,5 Triliun
Traveloka merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa layanan tiket baik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Traveloka merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa layanan tiket baik. Baik itu transportasi maupun penginapan yang cukup populer di Indonesia.

Perusahaan yang telah berdiri sejak 2012 lalu itu kini memang telah meraih kesuksesan besar. Namun hal itu tak terlepas dari para investor yang telah menyokongnya.

Baca juga : Traveloka Gandeng BNI Luncurkan Traveloka PayLater Virtual Card Number

Terdapat sedikitnya lima investor ternama yang telah menanamkan modalnya untuk Traveloka. Dari investasi inilah perusahaan tersebut mampu berkembang meskipun sempat terpukul pandemi Covid 19.

Berikut daftar lima investor Traveloka dilansir dari berbagai sumber :

1. East Ventures

Perusahaan investasi ini memang telah dikenal sebagai pemodal utama bagi sekitar 200 perusahaan di Asia Tenggara. Dimana salah satunya adalah Traveloka.

Diketahui bahwa East Ventures merupakan modal awal bagi Traveloka. Dilansir dari dealroom.co, sebanyak USD 250 juta atau lebih dari Rp3 triliun telah digelontorkannya untuk perusahaan yang menjual tiket pesawat tersebut.

Investasi dari East Ventures tercatat telah dilakukan sejak November 2012 lalu. Kemudian tambahan investasi kembali dilakukan pada Juli 2020.

2. GIC

Melansir dari gic.com, GIC atau Government of Singapore Investment Corporation merupakan perusahaan dana investasi yang didirikan oleh pemerintah Singapura sejak 1981 lalu.

Diketahui bahwa GIC merupakan salah satu investor besar yang dimiliki Traveloka. Total sebesar USD 420 juta atau sekitar Rp6 triliun telah digelontorkannya.

Jumlah tersebut menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar di jajaran para investor. Kerjasama ini telah dilakukan sejak April 2019 lalu.

3. Expedia Group

Dilansir dari expediagroup.com, Expedia Group merupakan perusahaan perjalanan dan mengoperasikan beberapa perjalanan daring internasional yang berada di Amerika Serikat.

Dikutip dari techcrunch.com, sebesar USD 350 juta atau sekitar Rp5 triliun telah diinvestasikan untuk portal perjalanan online yang berbasis di Indonesia ini. Kerjasama ini dilakukan pada Juli 2017 lalu.

Baca juga : Traveloka Dukung Pemerintah Pulihkan Sektor Pariwisata

4. Qatar Investment Authority (QIA)

Dikutip dari qia.qa, QIA ditetapkan berdasar aturan Keputusan Amiri no. 22 tahun 2005, untuk mengembangkan, menginvestasikan dan mengelola dana cadangan negara dan aset lainnya yang ditugaskan oleh Dewan Tertinggi Urusan Ekonomi dan Investasi.

Traveloka sendiri telah menerima sebesar USD 250 juta atau sekitar Rp3 triliun dari perusahaan investasi asal Qatar tersebut pada Agustus 2020 lalu.

5. JD.com

JD.com bersama tiga perusahaan lainnya, yaitu East Ventures, Hillhouse Capital Group, dan Sequoia Capital telah menggabungkan dananya untuk berinvestasi ke Traveloka.

Dilansir dari east.vc, dana sebesar USD 500 juta atau sekitar Rp7,5 triliun telah dicairkan untuk Traveloka melalui investasi dari pemimpin perjalanan online global Expedia, Inc. Perjanjian investasi ini telah dilakukan pada Juli 2017 lalu.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)