Pemerintah Targetkan Kawasan Industri Batang Mulai Dibangun Akhir 2020

Jum'at, 03 Juli 2020 - 17:21 WIB
loading...
Pemerintah Targetkan Kawasan Industri Batang Mulai Dibangun Akhir 2020
Presiden Jokowi tinjau kesiapan lahan kawasan industri di Batang, Jateng. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) di Batang, Jawa Tengah dimulai akhir tahun ini. Berdasarkan laporan, saat ini terdapat tujuh perusahaan asing yang merelokasi pabrik ke kawasan industri tersebut.

"Sesuai arahan Presiden Jokowi , akhir tahun ini sudah tampak infrastuktur sedikit di sana ya," ujar Menteri BUMN Erick Thohir, di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (3/7/2020).

(BACA JUGA: Kumpul di Kemenko Perekonomian, Jajaran Menteri Ekonomi Gerak Cepat Bahas Kawasan Industri Batang)

Hal itu disampaikan Erick Thohir usai mengikuti rapat kerja bersama jajaran menteri ekonomi lainnya di Kemenko Perekonomian. Sejumlah menteri ekonomi atau setara kepala lembaga yang hadir yang hadir, di antarannya Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dan perwakilan kementerian dan lembaga terkait.

Sebegai informasi perusahaan asing itu yang siap relokasi ke Indonesia, antara lain PT Meiloon Technology Indonesia, PT Sagami Indonesia, PT CDS Asia, PT Kenda Rubber Indonesia, PT Denso Indonesia, PT Panasonic Manufacturing Indonesia, dan PT LG Electronics Indonesia. Adapun lima dari tujuh perusahaan tersebut merelokasi pabrik dari China.

Untuk mendukung relokasi tersebut, pemeritah telah menyiapkan 4.000 hektar (ha) lahan untuk dikembangkan menjadi kawasan industri terpadu. Investor diberikan fasilitas sewa dalam jangka waktu tertentu sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tanah.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)