Bantu Tingkatkan Kompetensi Mitra Bisnis, Begini Langkah BUMN BKI

Rabu, 28 September 2022 - 21:12 WIB
loading...
Bantu Tingkatkan Kompetensi Mitra Bisnis, Begini Langkah BUMN BKI
PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI berkomitmen terus meningkatkan kompetensi mitra-mitra bisnisnya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI sebagai induk dari Holding BUMN Jasa Survei (IDSurvey) berkomitmen terus meningkatkan kompetensi mitra-mitra bisnisnya, salah-satunya para juru las di galangan-galangan kapal.

Bekerja sama dengan DPP Iperindo dan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia, BKI melaksanakan Sertifikasi Juru Las secara gratis bagi 100 tenaga pengelasan (welder) dari berbagai perusahaan galangan kapal anggota Iperindo.

Direktur Operasi BKI, Mohamad Cholil mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam percepatan dan perkembangan pembangunan pendidikan yang berkualitas. Langkah tersebut sekaligus mempersiapkan menghadapi persaingan antar galangan baik skala nasional maupun internasional.

Baca juga: BUMN Kantongi Pendapatan Rp2.290 Triliun, Erick Thohir: Hampir Samai APBN

Hal ini juga termasuk dalam rangkaian Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BKI dan bagian dari pemenuhan SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) nomor satu (tanpa kemiskinan), dua (tanpa kelaparan), empat (pendidikan yang berkualitas), delapan (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi) dan tujuh belas (kemitraan untuk mencapai tujuan.

“Kami berharap kegiatan ini akan berdampak signifikan pada peningkatan pertumbuhan pendidikan, kemampuan dan kualitas juru las berkelanjutan, serta pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Wilayah Jawa Timur,” ujar Cholil melalui sambutannya saat Pembukaan Sertifikasi Juru Las di Workshop Konstruksi PT Adiluhung Saranasegara Indonesia, Rabu (27/9/2022).

Untuk mengimplementasikan komitmen tersebut, tidak hanya Sertifikasi Juru Las, BKI bersama DPP Iperindo dan adiluhung Saranasegara Indonesia juga memberikan bantuan pendanaan non UMK berupa 200 paket sembako pada masyarakat di Wilayah Madura.

Baca juga: Laporan Tahunan Konsolidasi BUMN: Beban Utang Turun Jadi Rp73,5 Triliun

Selain itu, lanjut Cholil, kegiatan ini untuk memenuhi persyaratan dari Class BKI yang mewajibkan setiap galangan memiliki welder bersertifikat sehingga memiliki kemampuan dan kualitas yang mumpuni serta sebagai salah satu syarat untuk mengajukan sertifikat persetujuan bengkel las.

“Lewat kegiatan ini BKI juga mengimplementasikan lima prioritas utama transformasi TJSL BUMN seperti, melakukan pembaharuan kebijakan TJSL sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman namun tetap sesuai aturan yang berlaku. Hal kedua yaitu melibatkan karyawan lain non-unit TJSL dan bekerja sama dengan BUMN lain untuk melaksanakan program bantuan,” katanya.

Hal ketiga, lanjutnya, BKI juga mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meminimalisir potensi fraud. “Meningkatkan dampak dari pelaksanaan program TJSL merupakan poin keempat dan terakhir, meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak.”

“Ke depan kami juga akan konsisten melakukan kerja sama dan mendukung program pemerintah untuk percepatan pembangunan dan perkembangan pendidikan berkualitas melalui Program TJSL lainnya,” tukasnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1442 seconds (10.55#12.26)