UMK Academy Antar 455 UMK Tembus Pasar Internasional

Kamis, 29 September 2022 - 08:21 WIB
loading...
A A A
"Kami sangat senang mengikuti program ini karena mendapatkan pengalaman baru, ilmu yang bermanfaat terlebih di sisi pengelolaan keuangan dan relasi baru sesama UMKM dari seluruh Indonesia," tutur Susilaningsih, pemilik usaha Sambal Dede Satoe (DD1), yang mengikuti kelas kelas Go Modern.



Pengamat digital dari Fikom Unpad Ira Mirawati mengatakan, upaya-upaya pemerintah dan BUMN untuk memperluas pemasaran UMK melalui lokapasar adalah langkah yang harus diapresiasi karena menyediakan saluran bagi pengusaha kecil untuk memasarkan produknya.

"Lokapasar juga menjadi saluran bagi konsumen untuk menemukan secara spesifik produk UMK. Mengenai efektif atau tidaknya, ada banyak faktor yang turut mempengaruhi, mulai dari desain dan cara kerja marketplace itu sendiri, keamanan transaksi, pengelolaan, promosi, kompetisi dengan marketplace lain, dan lain-lain," paparnya.

Ira menuturkan, jika BUMN ingin mendorong mitra binaannya berjualan di lokapasar, maka UMK harus merasakan kemudahan dalam pemanfaatan pasar digital tersebut. "Selain itu juga harus mensosialisasikan atau mempromosikan marketplace yang tepat agar dilirik oleh UMK maupun konsumen," tutupnya.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4479 seconds (0.1#10.140)