Pesan Jokowi ke Sri Mulyani: Kalau Ada Uang di APBN, Mohon Dieman-eman

Kamis, 29 September 2022 - 10:38 WIB
loading...
Pesan Jokowi ke Sri Mulyani: Kalau Ada Uang di APBN, Mohon Dieman-eman
Dalam kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian, Presiden Jokowi memberikan pesan kepada Menkeu Sri Mulyani agar hati-hati mengeluarkan uang di dalam APBN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerangkan, dalam kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian, maka Indonesia memerlukan endurance (ketahanan) yang panjang. Maka dari itu, dia berpesan kepada Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani Indrawati untuk sangat berhati-hati dalam mengelola keuangan negara di dalam APBN .

"Saya pun sering menyampaikan kepada bu Menteri Keuangan. 'Bu, kalau punya uang di APBN Kita, di-eman-eman. Itu bahasa Inggris tuh, di-eman-eman. Dijaga hati-hati mengeluarkannya, harus produktif, harus memunculkan return yang jelas'," ujar Jokowi dalam UOB Economic Outlook 2023 di Jakarta, Kamis (29/9/2022).



Jokowi mengatakan bahwa hampir setiap hari berita soal krisis terdengar dimana-mana, bahkan hampir dari seluruh negara mengalaminya. Baik itu krisis energi, pangan bahkan hingga krisis keuangan.

"Belum lagi soal krisis finansial, pergerakan nilai tukar, yang melompat-lompat baru saja sehari dua hari ini karena APBN di UK, berimbas pada semua negara. Dan kita tahu, kalau dilihat angkanya, nilai tukar Rupiah kita masih baik meski memang melemah -7%, tapi bandingkan dengan negara-negara lain, Jepang misalnya -25%, China -13%, FIlipina -15%, dan lainnya," ungkap Jokowi.



Menurutnya hal itu harus disyukuri. Namun, Jokowi mengatakan bahwa kerja keras dalam jangka panjang masih harus dilakukan.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)