Jokowi: Ketidakpastian Dunia Tinggi, Semua Negara dalam Posisi Sulit

Kamis, 29 September 2022 - 10:17 WIB
loading...
Jokowi: Ketidakpastian Dunia Tinggi, Semua Negara dalam Posisi Sulit
Presiden Jokowi mengatakan, bahwa dirinya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa dunia sekarang ini berada pada ketidakpastian yang tinggi, sehingga ekonomi sulit diprediksi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan, bahwa dirinya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa dunia sekarang ini berada pada ketidakpastian yang tinggi. Semua negara, sebut dia, berada dalam posisi sulit.

"(Mereka) kesulitan, dan juga ekonomi yang sulit diprediksi, sulit dikalkulasi," ujar Jokowi dalam UOB Economic Outlook 2023 di Jakarta, Kamis(29/9/2022).

Baca Juga: Sri Mulyani Sampaikan Kabar Buruk, Ekonomi Dunia Dipastikan Resesi di 2023

Dia menyebutkan, arah ekonomi dan pemulihan masih belum diketahui seperti apa nantinya. Satu masalah muncul dan belum selesai, muncul lagi masalah baru yang lain. Efek domino ini, lanjut Jokowi, semua negara menyampaikan bahwa hal ini sulit dihitung.

"Saya bertemu di G7 ada Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Perancis Macron, Perdana Menteri (PM) Italia yang lalu, dan Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen, tapi tidak di dalam forum formalnya, tapi di saat makan malam. Dari situlah saya bisa menyimpulkan bahwa semuanya sulit," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Perang Rusia Ukraina Akan Lama, Jokowi Soroti Krisis Pangan, Energi hingga Keuangan

Dilanjutkan dengan bertemu Presiden Korea, China, dan juga PM Jepang, kepastian tentang kesulitan itu semakin bertambah. Dia mengakui, situasi sekarang memang sulit.

"Lebih sulit lagi, saat bertemu dengan Presiden Putin dan Zelensky, satu setengah jam saya diskusi dengan Zelensky dan dengan Putin dua setengah jam, kesimpulannya, sama. Perang tidak akan berhenti besok, bulan depan, atau tahun depan. Artinya, nggak jelas," tandas Jokowi.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1497 seconds (10.101#12.26)