Perkembangan Medsos Pacu Peningkatan Kreator Konten, Pelaku Industri Fotografi Ikut Semringah

Jum'at, 30 September 2022 - 20:21 WIB
loading...
Perkembangan Medsos Pacu Peningkatan Kreator Konten, Pelaku Industri Fotografi Ikut Semringah
Ilustrasi kreator konten. Foto/pexels/ivan samkov
A A A
JAKARTA - Besarnya jumlah pengguna internet dan media sosial (medsos) di Indonesia menjadi angin segar bagi para pelaku industri kreatif berbasis digital.

Merujuk data terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 210 juta atau 77% dari populasi penduduk.

Berdasarkan data Hootsuite dan We Are Social bulan Februari 2022, penggunaan internet dan medsos di Indonesia berkisar 8 jam 36 menit per orang per hari. Untuk medsos saja berkisar rata-rata 197 menit alias lebih dari 3 jam dalam sehari.

Seiring bertumbuhnya pengguna medsos, salah satu yang paling kentara adalah bermunculannya content creator atau kreator konten. Mulai dari yang amatiran hingga profesional, mulai dari yang hanya memakai gawai hingga peralatan fotografi yang canggih.

“Pertumbuhan medsos ini secara beriringan menumbuhkan juga para content creator di Indonesia. Pertumbuhan content creator di Indonesia pesat sekali,” kata Founder DOSS Camera & Gadget Tahir Matulatan di sela pembukaan DOSS Vaganza, dikutip Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Ingin Jadi Jurnalis atau Content Creator? Yuk, Simak Tipsnya Berikut Ini

Di tengah pandemi COVID-19 yang menghantam banyak sektor bisnis, akselerasi digitalisasi yang terjadi kala pandemi mampu menjadi angin segar bagi sektor tertentu.

“Tahun 2020 penurunan (penjualan kamera dan gawai) tidak signifikan dibanding 2019, tapi di 2021 terjadi peningkatan yang lumayan dibanding 2020 karena tren content creator terus meningkat,” tuturnya.

Sementara itu guna memanjakan para pegiat fotografi, videografi, para pembuat konten, serta pelaku industri kreatif lainnya, DOSS Vaganza hadir di mal Grand Indonesia Jakarta pada 28 September-2 Oktober 2022. “Melalui acara ini kami ingin membantu pertumbuhan industri kreatif di Indonesia,” ucap Tahir.

Perkembangan Medsos Pacu Peningkatan Kreator Konten, Pelaku Industri Fotografi Ikut Semringah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1687 seconds (11.210#12.26)