Dirut Taspen Raih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan

Kamis, 29 September 2022 - 17:27 WIB
loading...
Dirut Taspen Raih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan
Berkat beragam inovasi, Taspen berhasil meraih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan pada kategori Korporasi Perbankan dan Lembaga Keuangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Taspen (Persero) senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan inovasi layanan dan meningkatkan kualitas layanan digital bagi peserta. Berkat beragam inovasi yang telah dilakukan, Taspen berhasil meraih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan pada kategori Korporasi Perbankan dan Lembaga Keuangan.



Penghargaan ini membuktikan bahwa Taspen selalu berupaya memberikan kemudahan bagi peserta untuk mengakses layanan dan terus berinovasi di tengah perkembangan teknologi. Penghargaan diberikan langsung kepada Direktur Utama Taspen , A.N.S. Kosasih dan diserahkan oleh CEO RM Group, Kiki Iswara Darmayana di Bali Room, Kempinski Hotel, Jakarta, (28/9).

"Apresiasi tertinggi kami berikan kepada seluruh Insan Taspen atas dukungan dan kontribusinya selama ini dalam menciptakan beragam inovasi layanan digital. Kami percaya bahwa kualitas prima dan seluruh inovasi layanan TASPEN dibangun untuk memudahkan peserta mengakses layanan yang optimal sekaligus sebagai apresiasi kepada para ASN serta pensiunan yang telah mengabdi kepada negara," ujar Direktur Utama Taspen, A.N.S Kosasih di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Ditekankan olehnya bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuh Kementerian BUMN yang selalu mendorong Taspen untuk melakukan inovasi di tengah gempuran perkembangan teknologi. "Kami ucapkan terima kasih kepada Rakyat Merdeka atas kepercayaannya. Ke depan, kami akan terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia," terang Kosasih.

Penghargaan ini diraih Taspen salah satunya berkat Program TASPEN PESONA yang telah memberikan kemudahan akses layanan bagi ratusan ASN. Hingga September 2022, tercatat sebanyak 45.004 peserta Taspen telah menggunakan layanan TASPEN Care untuk pengurusan seluruh layanan Taspen. Sebanyak 257.118 klaim peserta telah berhasil diselesaikan secara optimal melalui layanan e-Klaim.



CEO RM Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, “Kami ucapkan selamat kepada Bapak A.N.S Kosasih sebagai Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan. Seperti diketahui, di masa pandemi, sejumlah tokoh perbankan berupaya menciptakan program-program terbaik untuk menjaga kondisi ekonomi,".

"Sejumlah perusahaan perbankan dan teknologi turut menolong usaha rakyat melalui bantuan pendanaan, pelatihan digitalisasi, dan pemberian bimbingan sampai mandiri tidak hanya di perkotaan, tetapi hingga ke pelosok daerah. Itu semua telah dilakukan Taspen, sehingga Taspen layak meraih penghargaan ini.”

Selama masa pandemi covid-19, Taspen telah memberlakukan kebijakan agar peserta tidak perlu lagi datang ke kantor TASPEN untuk mengurus administrasi. Bekerja sama dengan Kementerian Pan-RB, Taspen menerapkan layanan One Stop Services di Mall Pelayanan Publik (MPP) di 39 lokasi di Indonesia.

Taspen juga menerapkan digital otentikasi yang memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM.

Selain itu, Taspen bermitra dengan PT Pos Indonesia untuk terus meningkatkan serta memudahkan dalam hal pembayaran pensiun bagi para peserta.

Taspen telah melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 82.852 ASN yang sebagian cukup besar telah memulai bisnis UMKM di mana 1.505 UMKM di antaranya telah mampu melaksanakan bisnis secara sustainable dan menghasilkan laba di tahun 2022, jauh di atas target yang ditetapkan oleh stakeholders Taspen.

“Melalui program Wirausaha Pintar, sekitar 10% dari pensiunan sudah dapat kami arahkan untuk menjadi wirausaha. Setelah ini, Insha Allah kita bisa segera meluncurkan program perumahan terjangkau untuk ASN dan juga Pensiunan. Ini merupakan komitmen Taspen untuk terus konsisten, tanggap, dan pro-aktif dalam pelayanan, serta menjunjung keandalan layanan bagi seluruh peserta,” tutup Kosasih.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)