Optimalkan Jasa Influencer untuk Promosikan Produk, Simak Tipsnya

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 23:43 WIB
loading...
Optimalkan Jasa Influencer untuk Promosikan Produk, Simak Tipsnya
Influencer bisa membantu mempromosikan produk secara online dan efektif. Foto/pexels/ivan samkov
A A A
JAKARTA - Pemengaruh atau influencer merupakan salah satu ‘profesi’ kekinian yang marak di era digital saat ini. Peran influencer bisa dioptimalkan untuk membantu mempromosikan produk barang atau jasa.

Pemasaran produk barang dan jasa pelaku usaha sudah jamak dilakukan lewat media sosial. Hal itu disebabkan tingginya pengguna media sosial yang aktif di Indonesia. Namun, tak hanya lewat media sosial, pemasaran akan lebih efektif apabila menggunakan jasa influencer atau key opinian leader.

Dalam webinar “Mempromosikan Usaha Online Melalui Influencer” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Kamis (29/9), di Makassar, Sulawesi Selatan, Relawan TIK Jawa Barat Ferri Andrianov mengutip data hasil survei yang menyebutkan bahwa di masa pandemi Covid-19, warganet yang banyak menghabiskan waktunya dengan bermedia sosial sebanyak 44 % di mana dari total populasi di Indonesia, 58 % di antaranya aktif menggunakan media sosial.

Sementara itu, rata-rata warga Indonesia menghabiskan waktunya di media sosial sebanyak 3 jam 17 menit atau melebihi kebanyakan warga dunia yang 2 jam 22 menit.

“Oleh karena itu, pemasaran produk secara online bisa terbilang efektif. Sebenarnya, ada dua cara memasarkan produk, yaitu secara organik dan yang secara berbayar. Untuk yang organik, saya memanfaatkan Instagram, TikTok, Facebook, maupun WhatsApp untuk bisnis,” ujar Ferri, dikutip Sabtu (1/10/2022).



Ferri juga memaparkan sejumlah strategi pemasaran secara online, seperti menggunakan nama akun yang mudah dicari, sekalipun dicari dengan menggunakan ejaan yang sama persis.

Lalu memiliki bio yang representatif dan yang menjelaskan jenis usaha. Berikutnya adalah konsisten memposting tentang produk yang dijual dan responsif terhadap permintaan atau komentar pelanggan.

“Untuk pemasaran dengan jasa influencer, tipsnya adalah cari terlebih dahulu alternatif buzzer berikut tarifnya untuk membandingkan efektivitas dan anggaran yang dimiliki. Sebelum memutuskan menggunakan jasa mereka, amati dulu aktivitas mereka di media sosial, seperti apa karakter follower-nya. Apabila cocok, silakan hubungi dengan memberikan arahan tertulis yang jelas,” urainya.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia Makassar Hadawiah juga memberikan sejumlah tips bagaimana menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk barang dan jasa pelaku usaha.

Menurut dia, pilihlah influencer yang pengikutnya cocok atau menjadi target sasaran produk yang hendak dijual. Tentu saja sosok influencer yang dipilih memiliki reputasi yang positif. Selain itu, konten yang dibuat di media sosial sebagai sarana pemasaran juga harus berkualitas.

“Tak hanya itu, pengaruh story telling tentang produk yang kita jual juga sangat penting dan bisa mempengaruhi audiens untuk membeli produk kita tersebut lewat media sosial,” kata Hadawiah.



Sementara itu, Founder Mom Influencer ID Chyntia Andarinie menguraikan sejumlah tantangan bagi influencer dalam pemasaran produk barang atau jasa dari pelaku usaha.

Menurut dia, sejumlah tantangan itu adalah algoritma media sosial yang dinamis, reaksi follower atau warganet, serta rasa jenuh akibat kebuntuan ide.

Dalam algoritma, saat ini tidak bisa diprediksi seberapa banyak follower yang melihat atau menyukai konten yang dipasarkan influencer.

“Lalu, komentar follower juga berpotensi membuat influencer menjadi ‘baper’. Sebab, tak selamanya komentar warganet itu positif. Yang penting, konten yang diunggah jangan sampai menjadi bumerang,” ucap Chyntia.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif di era industri 4.0.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)