Industri Manufaktur RI Kinclong pada September, Produksi Laptop hingga Semen Meningkat

Senin, 03 Oktober 2022 - 19:26 WIB
loading...
Industri Manufaktur RI Kinclong pada September, Produksi Laptop hingga Semen Meningkat
Peningkatan produksi dan ekspansi permintaan domestik baru mendorong naiknya PMI Manufaktur Indonesia di bulan September 2022. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Industri manufaktur di Indonesia terus menunjukkan geliat pemulihan, terindikasi dari Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur RI pada September 2022 yang menunjukkan angka terkuat dalam delapan bulan terakhir. PMI Manufaktur di bulan September 2022 tercatat sebesar 53,7 atau naik dari 51,7 pada Agustus lalu.

Hasil survei S&P Global menunjukkan bahwa tingkat ekspansi sektor manufaktur Indonesia pada periode ini merupakan yang tercepat dalam delapan bulan dan solid secara keseluruhan.

Peningkatan produksi dan ekspansi permintaan domestik baru mendorong naiknya PMI Manufaktur Indonesia di bulan September 2022.

Di tingkat ASEAN, Indonesia juga menunjukkan perbaikan yang paling kuat pada kesehatan sektor manufaktur, seiring dengan kondisi manufaktur yang membaik di seluruh wilayah regional tersebut.

PMI Manufaktur Indonesia pada September 2022 melampaui angka PMI Manufaktur Dunia (50,3), ASEAN (53,5), Malaysia (49,1), Vietnam (52,5), dan Filipina (52,9), juga lebih tinggi dari China (48,1), Jepang (50,8), dan Korea Selatan (47,6).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, PMI Manufaktur Indonesia yang kembali meningkat di bulan September menunjukkan kinerja sektor industri yang semakin membaik dan menunjukkan perkembangan yang stabil.

“Dalam hal ini, aktivitas produksi berperan penting terhadap naiknya indeks, yang didukung oleh peningkatan permintaan, terutama dari dalam negeri,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).



Agus menyebut peningkatan produksi bisa dilihat pada industri elektronika, industri bahan galian non-logam, serta industri mesin dan perlengkapan YTDL (Yang Tidak Dapat. Diklasifikasikan di Tempat Lain).

Di industri elektronika, kenaikan terutama terjadi pada produksi produk laptop untuk memenuhi permintaan realisasi belanja pemerintah dan pemerintah pusat yang mewajibkan pembelian Produk Dalam Negeri (PDN).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)