3 Negara Eropa dengan Harga BBM Termurah, Beli Bensin sampai Rp28.450 per Liter

Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:07 WIB
loading...
3 Negara Eropa dengan Harga BBM Termurah, Beli Bensin sampai Rp28.450 per Liter
Harga BBM termurah di 3 negara Eropa. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Bahan bakar minyak (BBM) yang diolah dari fasilitas kilang menghasilkan sejumlah produk. Sejumlah produk tersebut di antaranya, Avgas (Aviation Gasoline), Avtur (Aviation Turbine), Minyak Tanah (Kerosene), Solar (HSD), Minyak Diesel (MFD), Minyak Bakar (MFO), Biodiesel, dan Bensin.

Berasal dari energi fosil, BBM digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. Terbuat dari sisa tumbuhan dan hewan yang terkubur hingga jutaan tahun lalu, energi fosil memiliki banyak bentuk, mulai dari minyak bumi, gas alam, hingga batu bara.

Terkait BBM, masyarakat belakangan ini dihebohkan dengan kabar harga BBM yang melonjak naik. Lalu bagaimana dengan kondisi harga BBM di Eropa. Berikut 3 negara di Eropa dengan harga BBM termurah.

1. Yunani

Negara ini dikenal dengan menjual harga BBM cukup mahal di dunia. Namun, di antara nagara lain di Eropa, Yunani termasuk negara yang menjual BBM dengan harga murah. Harga bensin di Yunani USD2,009 per liter atau sekitar Rp28.253 per liter.

2. Islandia

Negara dengan harga BBM termurah selanjutnya Islandia. Harga BBM di negara ini negara dikenal termahal di dunia. Namun, di antara negara Eropa lainnya masih tergolog murah. Harga bensin per liter di Islandia adalah USD2,012 per liter atau setara Rp28.295 per liter.

3. Finlandia

Negara Finlandia adalah salah satu negara dengan harga BBM termahal di dunia. Namun, dibandingkan negara-negara bagian Eropa lain Finlandia masih tergolong paling murah. Negara dengan Ibu Kota Helsinki ini membanderol bensin dengan harga USD2,023 per liter atau Rp28.450 per liter. MG/ Nurul Faiza Ridha Vadellah

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)