4 BUMN Ini Jalankan Bisnis di Timor Leste

Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:24 WIB
loading...
4 BUMN Ini Jalankan Bisnis di Timor Leste
Sejumlah BUMN hingga kini masih terus menjalankan bisnisnya di Timor Leste yang resmi memerdekakan diri dari Indonesia pada 2002 lalu. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kendati secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002, hubungan Timor Leste dengan Indonesia tetap sulit dipisahkan. Sebagai tetangga terdekat, Indonesia tetap memiliki peran penting bagi negara bekas jajahan Portugis tersebut.

Bahkan, masih cukup banyak perusahaan Indonesia yang beroperasi di negara yang dulu disebut Timor Timur tersebut. Bahkan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia pun banyak yang berkiprah di negara tersebut.

Baca Juga: BUMN Harus Jadi Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Sedikitnya ada 4 BUMN yang hingga kini masih beroperasi di Timor Leste. Perusahaan-perusahaan milik negara itu bergerak di berbagai bidang, mulai dari keuangan, energi hingga konstruksi.

Berikut beberapa BUMN yang beroperasi di Timor Timur yang dirangkum SINDOnews.com:

1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Bank BRI tercatat cukup aktif di Timor Leste. Bank yang terkenal dengan kiprahnya yang sampai ke pelosok-pelosok di Nusantara ini memiliki beberapa kantor cabang pembantu (KCP) di Timor Leste.

Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KCP BRI di Timor Leste adalah KCP BRI Audian, KCP BRI Fatuhada dan KCP BRI Hudilaran.

2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Bank Mandiri tercatat memiliki KCP dan juga kantor kas luar negeri di Timor Leste, yakni Bank Mandiri Cabang Dili Timor Leste dan KLN Dili Timor Plaza. Bank Mandiri juga mengopersikan sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM) di negara ini.

3. PT Pertamina (Persero)
BUMN energi Pertamina punya peran penting dalam pemenuhan bahan bakar di Timor Leste. Melalui Pertamina International Timor, BUMN asal Indonesia ini berkontribusi terhadap 50% lebih kebutuhan BBM di Timor Leste.

Pertamina International Timor ini telah berada di Timor Leste sejak 1979, saat masih menjadi bagian dari Indonesia. Pertamina International Timor kini mempekerjakan sekitar 130 karyawan yang mayoritas adalah masyarakat Timor Leste.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2577 seconds (10.55#12.26)