Pertamina EP Bantu Masyarakat Optimalkan Potensi Pertanian Padi Organik di Karawang

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 23:40 WIB
loading...
Pertamina EP Bantu Masyarakat Optimalkan Potensi Pertanian Padi Organik di Karawang
Produk pertanian organik dinilai memiliki keunggulan karena dapat meregenerasi kesuburan tanah secara alami. Foto/MPI/Viola Triamanda
A A A
KARAWANG - Upaya meningkatkan kualitas hasil produksi pertanian memerlukan dukungan berbagai pihak. Melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR, Pertamina EP (PEP) Subang Field menginisiasi program Jejak Setapak sebagai alternatif peningkatan kualitas padi untuk masyarakat Karawang.

Semangat para petani di kelurahan Plawad, kecamatan Karawang Timur, yang didukung potensi pertanian padi organik, menjadi perhatian PEP Subang Field.

Produk pertanian organik dinilai memiliki keunggulan karena dapat meregenerasi kesuburan tanah secara alami dan dapat menopang kegiatan pertanian dalam jangka panjang.

Hal ini tentu berbeda dengan pertanian non organik yang mengandalkan pupuk kimia karena semakin lama penggunaan pupuk jenis ini maka kemampuan tanah untuk meregenerasi dirinya sendiri menjadi berkurang.

"Sangat banyak ilmu yang saya peroleh melalui program pertanian organik dan usaha aquaponik," kata salah satu pegiat di program Jejak Setapak saat media briefing di Karawang, Jawa Barat, Jumat (7/10/2022).



Dia mengaku manfaat program ini tidak hanya dirasakan oleh dirinya sendiri namun juga turut dirasakan oleh keluarga dan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Senior Manager PEP Subang Field Ndirga Andri Sisworo menyatakan bahwa program CSR Jejak Setapak ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menjalankan bisnis migas berkelanjutan yang berlandaskan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG).

"Tentu dengan tujuan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan di sekitar wilayah daerah operasi perusahaan," jelasnya.

Pertanian organik pun juga turut unggul dalam aspek ekonomi karena memiliki nilai harga yang lebih tinggi dari beras non-organik karena kandungan gizi dan mineral yang terkandung dalam produk beras organik dinilai lebih baik daripada beras non organik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)