SPBU Vivo Ingin Jual BBM RON 90 Setara Pertalite, Ini Respons Pertamina

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:34 WIB
loading...
SPBU Vivo Ingin Jual BBM RON 90 Setara Pertalite, Ini Respons Pertamina
SPBU Vivo memberikan sinyal bakal menjual BBM RON 90 setara Pertalite dan menghapus bahan bakar jenis Revvo 89 dari pasar. Begini respons Pertamina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - SPBU Vivo memberikan sinyal bakal menjual BBM RON 90 setara Pertalite dan menghapus bahan bakar jenis Revvo 89 dari pasar. Rencana yang akan diterapkan oleh PT Vivo Energy Indonesia selaku operator SPBU Vivo sebagai langkah mematuhi aturan pemerintah agar tidak ada lagi BBM beroktan rendah di pasaran.

Baca Juga: Heboh Uji Pertalite RON 90 Hasilnya RON 86, Pertamina Kasih Respons Begini

Pemerintah sendiri telah memutuskan untuk menghapus penjualan BBM beroktan rendah pada 31 Desember 2022. Menanggapai hal tersebut, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niag,a Irto Ginting mengungkapkan, bahwa bahan bakar minyak alias BBM jenis Pertalite merupakan jenis bahan bakar khusus penugasan yang dimana penugasan tersebut dilakukan oleh regulator.

"Pertalite adalah jenis bahan bakar khusus penugasan (JBKP), yang merupakan penugasan yang diberikan oleh regulator," kata Irto kepada awak media, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Tepis Rumor Pertalite RON 86, Pertamina Beberkan Hasil Uji Sampel Lemigas

Bensin pertalite itu sendiri memiliki kandungan oktan 90 atau RON 90 dibanding Revvo 89 dengan oktan 89. Sementara itu Kementerian ESDM membenarkan, kabar jika SPBU Vivo akan menjual BBM RON 90 atau setara Pertalite seperti yang dijual PT Pertamina (Persero).

Saat ini, BBM kualitas terendah yang dijual SPBU Vivo adalah RON 89 dengan nama Revvo 89. "RON 90. Iya," kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Kementerian ESDM, Maompang Harahap

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Kementerian ESDM, Maompang Harahap mengamini bahwa SPBU VIVO akan menjual BBM jenis Ron 90.

"RON 90. Iya," Maompang kepada awak media, Jumat (7/10/2022).

Meski seimbang dengan bensin Pertalite, dia memastikan jika BBM RON 90 itu tidak mendapat subsidi dari pemerintah seperti layaknya RON 90 milik Pertamina.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2700 seconds (11.210#12.26)