Tepis Rumor Pertalite RON 86, Pertamina Beberkan Hasil Uji Sampel Lemigas

Minggu, 09 Oktober 2022 - 15:15 WIB
loading...
Tepis Rumor Pertalite RON 86, Pertamina Beberkan Hasil Uji Sampel Lemigas
Pertamina tepis rumor BBM Pertalite beroktan 86. Ilustrasi Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Kontroversi seputar kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite terus bergulir. Setelah sebelumnya disebut-sebut berubah warna dan disebut makin boros, kini ramai diperbincangkan di dunia maya ihwal Pertalite beroktan atau RON 86 padahal seharusnya RON 90.

Viralnya kualitas Pertalite dengan oktan yang lebih rendah ramai di media sosial twitter dan TikTok yang memperlihatkan foto pengetesan Pertalite menggunakan sebuah alat. Dalam unggahan foto yang beredar, tertera Pertalite dengan RON 86.

Menanggapi hal tersebut, Pertamina menolak mentah-mentah narasi tersebut. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting kembali menegaskan bahwa Pertalite adalah BBM dengan RON 90, bukan 86.

Menurut dia, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) atau Lemigas belum lama ini juga sudah menguji enam sampel BBM Pertalite di seluruh SPBU wilayah Jakarta. Hasilnya, Pertalite memang BBM RON 90 sesuai dengan spesifikasi yang dibuat Kementerian ESDM.

"Lemigas juga sudah menguji 6 sample Pertalite di SPBU wilayah Jakarta. Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri," kata Irto dalam keterangan tertulis, Minggu (9/10/2022).



Sebelumnya, ada akun pengguna Twitter yang mengunggah foto botol yang disebut-sebut berisi bensin Pertalite. Warna cairan di dalam botol itu berwarna hijau persis seperti bensin Pertalite.

Di atas botol tersebut nampak ada alat yang menunjukan angka 86 dan dicelupkan ke dalam botol yang berisi bensin tadi.

Alat itu disebut-sebut sebagai pengukur oktan bensin, dan angka yang ditunjukkan adalah kadar oktan pada bensin tersebut. Unggahan foto itu diposting oleh akun bernama @yo2****. "Ini namanya perampokan dan aparat melempem seperti kerupuk kena air," kata akun tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)