ORI 017 Investasi Risiko Kecil Paling Menguntungkan? Simak Riset Ini

Senin, 06 Juli 2020 - 12:05 WIB
loading...
ORI 017 Investasi Risiko Kecil Paling Menguntungkan? Simak Riset Ini
Obligasi Negara Ritel atau ORI kerap disebut sebagai salah satu produk investasi berisiko rendah yang paling menguntungkan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih membuka penawaran untuk Obligasi Negara Ritel atau ORI seri ORI 017. Produk investasi surat utang negara ini sering diklaim lebih menguntungkan ketimbang deposito perbankan.

Namun, benarkah ORI 017 adalah investasi rendah risiko yang paling menguntungkan? Berdasarkan riset Lifepal.co.id yang melakukan perbandingan antara ORI 017 dengan dua produk investasi lain dengan risiko kecil dan terjamin keamanannya, ORI 017 bukanlah investasi rendah risiko yang paling menguntungkan.

Seperti diketahui, salah satu keunggulan ORI 017 adalah pembayaran kupon bunga 6,4% p.a dan bersifat tetap hingga masa jatuh tempo. Pajak untuk investasi ini adalah 15% untuk setiap kupon yang diterima.

(Baca Juga: Pemerintah Tawarkan ORI017 Mulai 15 Juni Mendatang)

Untuk deposito bank umum, riset itu mengambil sampel data berupa 10 deposito bank umum dengan bunga terbesar dan periode jatuh tempo 1 bulan dari Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia (BI) per Rabu (1/7) yang diolah Kontan.

Sementara itu, seluruh BPR yang namanya tercantum di tabel ini telah mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa di antaranya juga masuk ke dalam kategori BPR Terbaik versi Perbarindo dan mengantongi aset di atas Rp100 miliar hingga di atas Rp1 triliun.

Baik deposito bank umum maupun BPR dikenakan pajak 20%. Meski demikian, kedua deposito ini memiliki keunggulan berupa bunga bergulung yang didapat lewat metode automatic roll over (ARO) di periode jatuh tempo satu bulan.

Simulasi menunjukkan bahwa ORI 017 masih lebih unggul dari deposito bank umum. Namun, masih kalah dengan deposito BPR yang bunganya bisa mencapai 7,25% p.a dan memiliki fitur bunga bergulung. Dalam rentang waktu tiga tahun, keuntungan bersih dari investasi di deposito BPR ada yang bisa menembus 18,4%, sedangkan ORI 017 16,3%, dan deposito bank umum maksimal hanya 14,2%.

Meski demikian, patut dicermati pula bahwa ORI 017 adalah investasi yang bisa dijual di pasar sekunder. Investor ORI 017 berpotensi memperoleh keuntungan berupa capital gain saat melakukan penjualan surat berharga tersebut. Sementara itu, keuntungan capital gain jelas tidak ada di deposito bank umum maupun BPR. Hal itu disebabkan karena deposito tidak bisa berpindah tangan atau diperjualbelikan di pasar sekunder.

Imbal hasil ORI 017 mungkin tidak sebesar BPR yang bisa menyentuh 18% dalam tiga tahun, namun ORI 017 sejatinya adalah investasi yang berdampak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)