Buka Trade Expo Indonesia ke-37, Jokowi: Semoga Target USD10 Miliar Tercapai

Rabu, 19 Oktober 2022 - 12:46 WIB
loading...
Buka Trade Expo Indonesia ke-37, Jokowi: Semoga Target USD10 Miliar Tercapai
Jokowi berharap target TEI tahun ini tercapai. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 ke-37 resmi dibuka hari ini oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai City (ICE, BSD City), Tangerang. Setelah 2 tahun dilaksanakan secara virtual, tahun ini Trade Expo Indonesia terlaksana secara hibrid, dengan mengusung tema "Strength the Global Trade for Stronger Recovery".



"Dengan mengucap bismillah pada pagi hari ini saya resmikan pembukaan Trade Expo Indonesia ke 37 tahun 2022," ucap Jokowi, Rabu (19/10/2022).

Presiden Jokowi berharap TEI ke-37 bisa mendorong surplus neraca perdagangan pada masa-masa mendatang. Selain itu juga mampu meraih target nilai transaksi yang ditetapkan.

"Sekali lagi, kita mengucapkan selamat kepada Trade Expo Indonesia yang ke-37 ini, semoga nanti apa yang ditargetkan oleh Mendag lebih dari USD10 miliar betul-betul bisa kita capai, dan kita harapkan akan mendorong surplus neraca perdagangan kita pada masa-masa mendatang," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, Trade Expo Indonesia ke-37 diharapkan bisa menjadi titik balik kembalinya geliat ekonomi Indonesia pasca-pandemi Covid-19. Pameran berskala internasional ini menampilkan banyak produk yang terbagi dalam tujuh zona, yaitu manufaktur, aksesoris, fesyen, kecantikan, kesehatan, perawatan, medis, mebel, dekorasi, jasa, digital, serta makanan dan minuman.

"Selain pameran akan diselenggarakan juga trade tourism and investment forum untuk memberikan gambaran dan potensi dan kebijakan pemerintah dalam mengoptimalkan peluang bisnis internasional," kata Mendag Zulhas.

Dalam pelaksanaan TEI, tambahnya, juga dilakukan penandatanganan komitmen buying mission. Menariknya, saat pameran ini dibuka, Mendag Zulhas bilang sudah ada kontrak senilai USD1,5 miliar.



"Oleh karena itu kami dari Kementerian Perdagangan yakin selesai pameran ini mudah-mudahan kita dapat kontrak dari hasil ekspor bisa mencapai USD10 miliar," pungkas Mendag.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6155 seconds (0.1#10.140)