Gunakan PLTS, Alfamart Sumbang Penurunan Emisi Karbon 461 Ton Setahun

Rabu, 19 Oktober 2022 - 17:58 WIB
loading...
Gunakan PLTS, Alfamart Sumbang Penurunan Emisi Karbon 461 Ton Setahun
Alfamart mencatatkan penurunan emisi karbon hingga 461 ton dalam kurun waktu setahun. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) mencatatkan penurunan emisi karbon hingga 461 ton dalam kurun waktu setahun. Adapun capaian tersebut diperoleh berkat upaya Alfamart memasang sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di 11 lokasi kantor cabang dan gudang.

"Ke depan, kami akan konsisten untuk menambah jumlah PLTS di kantor dan gudang perseroan di tahun mendatang," ujar Corporate Affairs Director AMRT Solihin melalui pernyataan resmi, di Jakarta, Rabu (19/10/2022).



Berdasarkan laporan, 11 lokasi kantor cabang dan gudang perseroan yang telah terpasang PLTS tersebar di Palembang, Banjarmasin, Medan, Parung, Bogor, Balaraja, Bandung, Rembang, Malang, Bali, dan Karawang.

Solihin mengatakan tahun depan pengelola gerai Alfamart berencana menambah PLTS di 9 kantor cabang dan gudang. Adapun saat ini kapasitas terpasang PLTS sebesar 993 kWp dengan penurunan emisi karbon lebih dari 462 ton dan mengurangi penggunaan batu bara lebih 187 ton.

Alfamart bekerja sama dengan SUNterra terkait instalasi PLTS di kantor cabang dan gudangnya. CEO SUNterra, Fanda Soesilo mengatakan kolaborasi keduanya menambah portofolio SUNterra pada pembangunan PLTS di sektor residensial, sosial, dan komersial skala menengah.



Pihaknya terus berupaya menambah deretan proyek PLTS. Di mana, SUNterra kini telah mendapatkan lebih dari 3 MWp proyek PLTS yang tersebar di lebih dari 30 kota. "Ini menjadi langkah besar kami, untuk menjangkau semakin banyak industri yang masih mengandalkan sumber energi fosil," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)