Pertamina Rancang Kemudahan bagi UMK dalam SMEXPO 2022

Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:14 WIB
loading...
Pertamina Rancang Kemudahan bagi UMK dalam SMEXPO 2022
Booth eksibisi di Grha Pertamina menampilkan UMK yang akan mengikuti ajang Pertamina SMEXPO 2022 November mendatang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) tengah bersiap menggelar pameran akbar Pertamina SMEXPO 2022 November mendatang. Untuk gelaran tersebut, selain akan tampil lebih segar, Pertamina merancang SMEXPO 2022 lebih user friendly sehingga usaha menengah kecil (UMK) mitra binaan lebih mudah melakukan transaksi.

"Pertamina SMEXPO merupakan program flagship Pertamina untuk bisa membina UMK agar naik kelas. untuk itu kami membuka akses pasar seluas-luasnya. Karena itu, ada dua kegiatan dalam SMEXPO ini yaitu exhibition dan marketplace," ujar Manager SMEPP Pertamina Rudi Ariffianto dalam keterangannya, Rabu (19/10/2022).

Menjelang acara tersebut, Pertamina menyelenggarakan Booth Exhibition Pertamina SMEXPO di Grha Pertamina setiap bulan sekali selama satu minggu di akhir bulan. Selain eksibisi, juga ada marketplace yang dibuka sepanjang tahun di laman smexpo.pertamina.com/marketplace yang dapat dimanfaatkan UMK untuk memasarkan produk unggulannya.



Eksibisi tersebut dirangkai dengan berbagai acara seperti SMEXPO Activation Booth, catwalk challenge, UMKM Workshop dan parade diskon. Pertamina mempublikasikan eksebisi ini lewat berbagai kanal media sosial seperti IG @gen_UMKM atau YouTube Gen UMKM. Rudi mengatakan, menjadi bagian Pertamina untuk membentuk public awareness tentang kegiatan SMEXPO dengan meletakkan outlet-outlet SMEXPO di tempat keramaian.

Pada SMEXPO sebelumnya, total nilai transaksi tercatat mencapai lebih dari Rp9 miliar. Pada tahun ini, Pertamina menargetkan menjaring sekitar 3.000 produk pilihan dari sekitar 1.000 mitra binaan dan mampu menjangkau pasar lebih luas hingga keluar negeri.

Rudi menjelaskan, Pertamina SMEXPO merupakan wujud konsistensi BUMN energi tersebut dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) poin ke-8, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.



Pada ekshibisi jelang SMEXPO 2022, tampil dua antara lain mitra binaan yakni Oniecraft Vite dengan produk silver, tembaga dan gold plated jewelry; serta Lombok Mulia Craft yang memproduksi pearl jewelry menggunakan mutiara asli, kain songket,dan kain tenun khas Nusa Tenggara Barat (NTB)

"Produk kami yang dihadirkan ada perhiasan, silver bentuknya ada kalung, gelang, pin, dengan kisaran harga sekitar Rp200.000 hingga Rp1 juta. Banyak yang tertarik untuk beli. Kami berterima kasih pada Pertamina SMEXPO," ujar pemilik Vite Jewelry, Yosephine Erliani Onie.

Sementara, Mulyadi dari Lombok Mulia Craft mengaku mendapatkan banyak keuntungan saat mendapatkan pendanaan murah dari Pertamina dan dilibatkan dalam eksebisi jelang SMEXPO 2022. "Keuntungannya banyak. Kami bisa memanfaatkan permodalan yang sudah diberikan dengan pemanfaatan yang luar biasa serta dipromosikan pula di ajang pameran," tuturnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)