BIN Libatkan Petani Milenial di Fakfak Jaga Ketahanan Pangan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:30 WIB
loading...
BIN Libatkan Petani Milenial di Fakfak Jaga Ketahanan Pangan
Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN Made Kartikajaya bersama Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom meninjau langsung progres pembukaan lahan pertanian jagung dan peternakan sapi di Fakfak, Papua Barat, Kamis (20/10/2022). FOTO/dok.Istimewa
A A A
FAKFAK - Pertanian tak bisa lagi mengandalkan cara tradisional untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Salah satu solusi melalui pertanian modern dengan melibatkan petani milenial.

Hal ini yang mendorong BIN terjun dan merangkul anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk usaha budidaya jagung serta peternakan sapi di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Budidaya jagung, PMI sedang membuka lahan seluas 400 hektare di Distrik Bombray, Fakfak, memanfaatkan lahan tidur agar produktif.

Progres pembukaan lahan ditinjau langsung oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya, bersama Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom, Kamis (20/10/2022). Menurut Koordinator PMI Kabupaten Fakfak, Abdul Wahab Iha, penanaman jagung dibagi dua tahap. Tahap pertama, 200 hektare lahan akan ditanami jagung pada Desember 2022 dengan target panen pada Maret-April 2023.

Baca Juga: BIN: Pengamanan KTT G20 Terus Dimatangkan

Sedangkan tahap kedua akan ditanami pada Februari-Maret 2023 dengan target panen pada Mei-Juni 2023.
"Saat ini dengan target pembukaan lahan sekitar 400 hektare itu, akan terserap lebih dari 200 tenaga kerja. Ke depan bila terus berkembang akan bisa terserap ribuan orang," kata Awi sapaan Abdul usai peninjauan lahan jagung tersebut.

Menurut Awi, pengairan tanaman jagung akan memanfaatkan optimalisasi Embung yang dibangun pemerintah pusat di Kabupaten Fakfak.

"Kita mendorong ketahanan pangan nasional, peningkatan pendapatan terhadap petani, peternak dan ini juga berkontribusi terhadap pendapatan daerah. Secara luas akan mendorong kesejahteraan Papua dan berkontribusi pada kesejahteraan Negara," tegasnya.

Sementara untuk usaha peternakan sapi, PMI menyiapkan program "Bengkel Sapi" di Distrik Tomage, Fakfak. Konsep bengkel sapi, yaitu PMI dengan investor memelihara sapi milik warga di kandang-kandang yang telah disiapkan.

Kandang sapi dibangun di atas lahan seluas 100 hektare dan merupakan aset Pemda Fakfak yang sudah lama terbengkalai dan kemudian optimalkan oleh PMI atas dukungan BIN.
Menurut Awi selama ini sapi di Fakfak masih dipelihara secara liar oleh masyarakat. Hal ini menimbulkan masalah berupa sapi yang memakan tanaman masyarakat dan membuang kotoran di sembarang tempat. Program Bengkel Sapi ini akan menjadi solusi bagi masyarakat sekaligus memberikan pendapatan ekonomi yang lebih baik bagi mereka.

"Target ada 1000 sapi yang dipelihara pada awal November 2022. Jagung atau tanaman jagung milik warga juga akan dibeli untuk makanan ternak sapi," tutur Awi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9024 seconds (0.1#10.140)