Buka Peluang Usaha, Sandiaga Dorong Santri Kuasai Teknologi Digital

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:35 WIB
loading...
Buka Peluang Usaha, Sandiaga Dorong Santri Kuasai Teknologi Digital
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno silaturahmi di Ponpes Al Hasaniyah, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (20/10/22). FOTO/MNC Media
A A A
SUKABUMI - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berharap santriwan dan santriwati di Indonesia memiliki kemampuan dalam mengadopsi teknologi digital yang akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas.

"Target kita tiap tahun 20 persen dari tiap pondok pesantren bisa meningkatkan kemampuannya untuk mengadopsi teknologi digital," kata Menparekraf Sandiaga usai Silaturahmi di Ponpes Al Hasaniyah, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (20/10/22).

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan Asing Naik, Sandiaga Uno Optimis Tembus 3,6 Juta

Menurut dia kemampuan yang baik dalam mengadopsi teknologi digital akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas. "Target kita tiap tahun 20 persen dari tiap pondok pesantren bisa meningkatkan kemampuannya untuk mengadopsi teknologi digital," tutur Sandiaga.

Dia mengatakan di Indonesia ada sebanyak 5 juta santri yang tersebar di 28 ribu pesantren di berbagai daerah. Potensi tersebut dapat dioptimalkan melalui program Santridigitalpreneur yang digagas oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Buka Peluang Usaha, Sandiaga Dorong Santri Kuasai Teknologi Digital

Dalam program ini para santri dibekali ilmu digitalisasi dengan tren kekinian yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing. Ponpes Al Hasaniyah di Sukabumi menjadi contoh pesantren yang perlahan mulai mengadopsi tata kelola ekonomi digital. Dapat dilihat dari beberapa inovasi yang dilakukan oleh para santrinya.

Seperti memodifikasi motor bebek, mengelola online shop melalui media sosial, membangun jejaring teknologi informasi, ekspor ikan hias ke berbagai negara seperti Kanada, Jepang dan Malaysia. Juga memproduksi kerajinan berbasis kaligrafi, dan membuat pelet ikan dengan alat yang dibuat sendiri dari bekas pompa.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Saing & Perluas Peluang, Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekraf Lakukan Digitalisasi

"Tadi produk-produknya juga sudah ditampilkan. Kita berharap ini bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja saat kita menghadapi ancaman resesi tahun depan. Jadi santri-santri ini bukan hanya mencari lapangan kerja, tapi justru menciptakan lapangan kerja," ujar Sandiaga.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1418 seconds (11.252#12.26)