Ekspansif, SKB Food Tuntaskan Akuisisi Perusahaan Cepat Saji Asal Sidoarjo

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 13:49 WIB
loading...
Ekspansif, SKB Food Tuntaskan Akuisisi Perusahaan Cepat Saji Asal Sidoarjo
PT Sari Kreasi Boga (SKB Food) Tbk (RAFI) menuntaskan akuisisi terhadap 54% kepemilikan saham perusahaan makanan cepat saji asal Sidoarjo, Jawa Timur, PT Lazizaa Rahmat Semesta (LRS). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Sari Kreasi Boga (SKB Food) Tbk (RAFI) menuntaskan akuisisi terhadap 54% kepemilikan saham perusahaan makanan cepat saji asal Sidoarjo, Jawa Timur, PT Lazizaa Rahmat Semesta (LRS). Penggunaan dana hasil IPO untuk menjadi pengendali perusahaan Food and Beverages (F&B) dengan produk unggulan Chicken and Pizza ini mencapai Rp16 miliar.

Baca Juga: SKB Food Buka Babarafi Cafe Kelima dan Perkenalkan Nasi Goreng Kebab

Direktur Utama SKB Food, Eko Pujianto, mengumumkan aksi korporasi berupa akuisisi terhadap LRS ini sesuai dengan rencana awal sebagaimana tercantum dalam prospektus IPO Perseroan saat proses penawaran saham RAFI kepada publik baru-baru ini.

“Alhamdulillah, kami bersyukur proses akuisisi Lazizaa Rahmat Semesta berjalan lancar sesuai harapan. Ini merupakan langkah strategis bagi SKB Food untuk semakin berkembang secara berkelanjutan dan jangka panjang dalam rangka terus memberikan nilai tambah kepada industri dan tentunya para pemegang saham,” ucapnya di sela pembukaan outlet Lazizaa di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (19/10/2022).

Penggunaan dana hasil IPO untuk akuisisi 54% saham LRS sampai saat ini, kata Eko, sebesar Rp16 miliar. Akuisisi tersebut membuat SKB Food menjadi pemegang saham mayoritas di LRS. LRS juga otomatis menjadi anak perusahaan SKB Food.

“Melalui akuisisi ini SKB Food ingin mewujudkan diversifikasi produk, yakni tidak hanya kebab, tapi juga ayam. Lazizaa juga akan menguatkan lini operasional outlet, baik yang dimiliki oleh SKB Food maupun yang dimiliki Lazizaa sendiri,” terusnya.

Selain itu, melalui aksi korporasi ini juga SKB Food memperkuat jalur distribusi produk ke wilayah Indonesia Timur dengan mengoptimalkan jalur logistik yang sudah terbangun oleh LRS. Dengan begitu sebaran seluruh produk SKB Food akan semakin luas.

”Melalui akuisisi ini, SKB Food juga ingin melakukan pengembangan jalur distribusi khususnya ke wilayah timur Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Luncurkan Food Truck Raffi Express, PT SKB Bangkitkan UMKM

Pasca akuisisi ini, LRS sendiri langsung didorong ekspansif dengan membuka sebanyak 25 outlet baru Lazizaa di Jawa Timur. “Ke depan kami akan secara konsisten mendorong pengembangan bisnis Lazizaa dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian secara terukur,” ujar Arief Budiyanto menambahkan selaku Direktur Marketing dan PR SKB Food.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2667 seconds (10.101#12.26)