Ekonomi FMCG Indonesia

Senin, 24 Oktober 2022 - 15:37 WIB
loading...
Ekonomi FMCG Indonesia
foto: doc freepik
A A A
JAKARTA - Banyak dari kita berharap bahwa ekonomi global akan segera pulih dari dampak buruk pandemi COVID-19, pembukaan kembali dari lockdown dan border menimbulkan gelombang permintaan yang terpendam.

Akibatnya mendongkrak harga komoditas di seluruh dunia. Ketergantungan kita terhadap kekuatan Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat, yang sekarang mengalami gelombang inflasi terburuk yang disebabkan oleh kebijakan ekonomi yang mereka lakukan sebelumnya, petualangan global tanpa hambatan, dan politik berorientasi blok telah membawa sebagian besar ekonomi dunia ke posisi yang bahkan lebih dipenuhi ketidak pastian dari sebelum pandemi.

Dengan inflasi yang tinggi di AS dan Eropa Utara, bank sentral menaikkan suku bunga tanpa terlalu memperdulikan negara-negara lain di dunia yang sebagian besar merupakan pemegang utang yang didominasi USD. Sejauh ini, kita di negara berkembang Asia masih jauh dari yang terburuk dari krisis ekonomi Asia Timur terakhir tahun 1990-an, tetapi negara-negara yang mengalami defisit transaksi berjalan secara historis lebih rentan terhadap guncangan eksternal dan volatilitas mata uang ketika Federal Reserve memperketat kebijakan moneter.

Neraca dagang berjalan mengukur arus bersih barang, jasa, dan pendapatan masuk dan keluar dari suatu negara. Setiap kategori diukur secara terpisah, tetapi jika arus keluar kumulatif mereka lebih dari apa yang masuk, negara itu akan mengalami defisit. Di ASEAN, sebagian besar negara lebih memilih untuk mengalami surplus, yang berarti mereka biasanya berusaha untuk memaksimalkan ekspor barang dan jasa sambil mengurangi impor. Saat ekonomi global bergerak kembali, sekarang mungkin untuk menilai di mana beberapa negara besar di Asia Tenggara berdiri dalam hal keseimbangan ini.

Indonesia sendiri sebagai pengekspor komoditas jangka panjang, mungkin telah melihat titik balik yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam neraca perdagangan selama pandemi. Transaksi berjalan Indonesia meningkat dari defisit sekitar $31 miliar pada tahun 2019 menjadi surplus $3,3 miliar pada tahun 2021, terutama didorong oleh permintaan global untuk barang-barang yang melimpah di Indonesia, seperti batu bara dan minyak sawit.

Ekspor batu bara meningkat dari $21,7 miliar pada 2019 menjadi $31,5 miliar pada 2021, sementara ekspor minyak sawit melonjak dari $14,7 miliar menjadi $26,5 pada periode waktu yang sama. Pada Maret 2022 saja, Indonesia memperoleh $ 4,5 miliar surplus ekspor.

Hal ini memberi tantangan pelik terhadap ketahanan terhadap ekonomi Indonesia karena The Fed mulai menaikkan suku bunga tahun ini dan sebagian besar akun hingga pertengahan 2023, disatu sisi dapat memberi tekanan pada rupiah seandainya mereka terus mengalami defisit transaksi berjalan yang besar seperti yang biasa terjadi sebelum pandemi.

Hal ini juga mungkin mendorong pemerintah untuk lebih agresif dalam penggunaan larangan ekspor baru-baru ini yang dimaksudkan untuk menstabilkan harga minyak goreng dan listrik dalam negeri. Tanpa surplus yang nyaman dalam neraca berjalan, pelarangan ekspor dalam bentuk apa pun akan menjadi penjualan yang lebih sulit.

“Prospek pemulihan di Asia Tenggara menggembirakan, tetapi bukan tanpa risiko yang terus-menerus, termasuk ketidakpastian yang meningkat dari invasi Rusia ke Ukraina dan konflik yang berkembang, munculnya varian virus corona dan efek dari pandemi melalui hilangnya pekerjaan dan pendidikan yang besar, gangguan produksi. dan kepercayaan bisnis yang rapuh, serta pertumbuhan produktivitas yang menurun,” kata Direktur Jenderal ADB untuk Asia Tenggara Ramesh Subramaniam.

Mendukung industri rumahan dengan keunggulan kompetitif untuk mendorong pemulihan yang tangguh dan inklusif tidak hanya memerlukan intervensi khusus oleh pemerintah, tetapi harus mencakup langkah-langkah yang mencerminkan kebijakan yang lebih ramah bisnis dan birokrat yang lebih cerdas yang memungkinkan lingkungan bisnis kita membantu untuk menghadapi tantangan dunia yang paling bergejolak, tidak pasti, dan kompleks di era pasca pandemi ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)