Turunkan Emisi, Kadin Ajak 50 Perusahaan Wujudkan Dekarbonisasi

Senin, 24 Oktober 2022 - 22:17 WIB
loading...
Turunkan Emisi, Kadin Ajak 50 Perusahaan Wujudkan Dekarbonisasi
Kadin NZH berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan nasional berkomitmen melaksanakan program dekarbonisasi. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Kadin Net Zero Hub (Kadin NZH) berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan nasional berkomitmen melaksanakan program dekarbonisasi. Hal itu ditandani dengan penandatanganan kerja sama dengan 50 perusahaan.

Ketua Kadin NZH Muhammad Yusrizki berharap kolaborasi tersebut menjadi titik awal gerakan dekarbonisasi sebagai upaya konkret sektor swasta membantu pemerintah mengurangi emisi karbon. Kadin NZH menargetkan setidaknya 100 peruaahaan nasional menyatakan komitmen atas dekarbonisasi industri pada gelaran B20 Summit DI Bali mendatang.

"Yang belum banyak disadari oleh stakeholder bisnis nasional adalah perubahan tatanan bisnis dan investasi global yang akan sangat berdampak kepada pelaku usaha dalam negeri," kata Yusrizki melalui keterangan resminya, Senin (24/10/2022).



Menurut Yusrizki inisiatif kolaborasi dengan sejumlah pengusaha dilatarbelakangi belum terlihatnya urgensi untuk menurunkan emisi karbon di sektor industri atau dekarbonisasi industri di kalangan pemangku kepentingan bisnis nasional. Di sisi lain, kendala terbesar perusahaaan dan ingin melakukan dekarbonisasi industri adalah minimnya informasi, pengetahuan terkait proses transisi itu , dan akses kepada energi bersih.

"Proses dekarbonisasi memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan oleh perusahaan dengan skala apapun, bahkan perusahaan berskala multinasional juga memiliki tantanga tersendiri dalam proses transisi," jelasnya.

Yusrizki yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Energi Baru Terbarukan Kadin Indonesia ini mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut turut Kadin NZH mengajak diskusi para pengusaha mengenai penghitungan emisi gas karbon perusahaan, hingga perencanaan kerangka kerja operasional rendah emisi.

"Mengenai standar SBTi (Science Based Target Initiatives) yang merupakan panduan global dalam dekarbonisasi industri. Pendampingan teknis ini diberikan secara komprehensif, tanpa biaya kepada perusahaan-perusahaan nasional yang serius ingin melakukan transisi menuju Net Zero Company. Saat ini sebanyak 50 perusahaan telah tergabung dalam Kadin NZH," beber Yusrizki seraya menekankan perlunya bantuan langsung dari pemerintah sehingga aksi-aksi korporasi akan terus berkembang sehingga Indonesia dapat mencapai target penurunan emisi karbon.

"Salah satu hal yang paling menyulitkan perusahaan dalam dekarbonisasi industri adalah ketersediaan dan akses kepada energi ramah lingkungan," tegas Yusrizki.

Syarat Investasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)