Bunda, Tahu Nggak Apa yang Membuat Nasi Pulen? Ini Jawabannya!

Selasa, 25 Oktober 2022 - 08:59 WIB
loading...
Bunda, Tahu Nggak Apa yang Membuat Nasi Pulen? Ini Jawabannya!
Bulir beras tersusun dari tiga bagian utama, yaitu sekam (perikarp), bagian dalam (endosperm), dan germ. Endosperm merupakan bagian terbesar dari beras, yang di dalamnya mengandung pati. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pernahkah bunda memasak nasi, namun hasilnya tak sesuai harapan? Misalnya, bunda ingin nasi pulen, namun setelah matang nasinya justru pera, atau sebaliknya. Penyebabnya, ini karena Indonesia memiliki beberapa jenis beras .

Baca Juga: Beras Keluarga Bijak, Pilihan Berkualitas Super Premium

Indonesia memiliki aneka varietas beras, ada yang pulen, pulen sedang, dan pera. Akan tetapi, masyarakat Indonesia umumnya cenderung menyukai beras pulen dan sedang. Walaupun, ada juga yang lebih menyukai nasi pera seperti kebanyakan orang Banjar.

Ternyata, kandungan ini yang membuat nasi jadi pulen!

Bulir beras tersusun dari tiga bagian utama, yaitu sekam (perikarp), bagian dalam (endosperm), dan germ. Endosperm merupakan bagian terbesar dari beras, yang di dalamnya mengandung pati. Pati tersusun dari amilosa dan amilopektin.

Perbedaan kandungan amilosa dan amilopektin menentukan tingkat kepulenan atau keperaan beras. Beras yang mengandung amilosa rendah menghasilkan nasi yang lengket dan lunak. Selain dipengaruhi oleh kandungan amilosa, tingkat kepulenan nasi juga dipengaruhi oleh rasio air yang ditambahkan pada proses penanakan.

Baca Juga: Bijak Membedakan Beras Premium

Beras beramilosa sangat rendah dikenal sebagai beras pulen. Beras beramilosa sedang disebut sebagai beras pulen sedang dan beras beramilosa tinggi disebut beras pera. Umumnya beras pulen memiliki bulir yang pendek sedangkan beras pera memiliki bulir yang panjang.

Masih bingung bagaimana menentukan beras pulen? Nggak usah pusing, pakai Beras Keluarga Bijak (BKB) aja!

Intinya, kandungan amilosa dan amilopektin pada padilah yang mempengaruhi pulen atau peranya nasi. Sekarang Anda bisa lebih bijak dalam memilih beras. Pilih Beras Keluarga Bijak (BKB) , beras kualitas atas harga pantas!

Terlebih, sekarang lagi ada promo bundling lho! Jika beli 2 bag beras variant 5kg di AladinMall by Mister Aladin , Anda hanya perlu bayar Rp115.200 saja! Dapat 10kg beras premium dengan harga yang tidak memberatkan kantong. Tak usah takut ongkir (ongkos kirim), beras kita free ongkir lho!

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1430 seconds (10.55#12.26)