Ekonom Sebut RI Punya Modal Besar untuk Bisa Bertahan dari Badai Resesi Global

Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:36 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut Piter menjelaskan faktor-faktor yang membuat Indonesia dapat bertahan dari ancaman resesi. Berkaca dari pengalaman selama pandemi, kata dia, Indonesia merupakan salah satu negara yang mampu bertahan.

"Modal besar kita itu mampu bertahan dari pandemi, di mana struktur ekonomi kita tidak rusak akibat pandemi. Kita tahu bahwa selama pandemi pemerintah banyak memberikan bantuan kepada dunia usaha. Sehingga, banyak dunia usaha yang bertahan dan dapat bangkit lebih cepat," bebernya.



Dia melanjutkan, tingginya harga komoditas di pasar global juga mampu membuat Indonesia bertahan dalam kondisi saat ini.

"Karena kita bukan negara yang bergantung kepada sektor manufaktur dengan pasar global. Ekspor kita lebih ke barang komoditas yang justru mengalami kenaikan harga yang tinggi dan itu justru menguntungkan," tukasnya.



Selanjutnya, faktor lainnya yang dapat membuat Indonesia bertahan adalah lantaran perekonomian Indonesia lebih banyak ditopang oleh perekonomian domestik serta tingkat investasi di Indonesia yang juga baik.

"Kontribusi yang hampir 60% dari perekonomian domestik tersebut yang juga dapat membuat Indonesia bertahan dalam kondisi saat ini," tandasnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)