Ini 7 Barang Impor dari China Paling Diminati dan Laris di Indonesia

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:33 WIB
loading...
Ini 7 Barang Impor dari China Paling Diminati dan Laris di Indonesia
Foto: doc caribarang.id
A A A
JAKARTA - Impor barang bukan semata menjaga relasi bilateral kedua negara, tetapi juga pemenuhan kebutuhan konsumen dan berbagai keuntungan lain. Faktor lainnya adalah karena produknya berkualitas bagus, aksesibilitas juga baik, dan harganya yang cenderung lebih murah dari industri lokal.

Salah satunya negara sumber impor adalah China. Barang-barang dari Negeri Tirai Bambu ini memang cukup populer dan diminati bukan hanya di tanah air, tapi seluruh dunia. Tak heran banyak yang memilih bisnis barang impor dari China.

Apalagi di era kemajuan teknologi saat ini, Anda bisa mudah membeli barang melalui marketplace seperti 1688.com, alibaba.com, atau caribarang.id.

Nah, kalau Anda adalah salah satu yang berminat berbisnis di bidang ini, Anda wajib tahu apa saja barang impor China yang laku keras di Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Elektronik
Ini 7 Barang Impor dari China Paling Diminati dan Laris di Indonesia

Elektronik adalah salah satu barang impor China paling laris di Indonesia. Sebutlah elektronik dari jenis ponsel genggam seperti merek Oppo, Huawei, dan Xiaomi.

Merek-merek ini memakai negara China sebagai basis produksinya. Meski harganya ramah kantong, nyatanya satu keunggulan dari produk pabrikan China ini adalah harga low budget, namun rata-rata dibekali dengan fitur yang canggih.

Selain handphone, ada juga jenis elektronik lain, seperti powerbank, mesin cuci, AC, laptop, televisi, dan lain-lain.

2. Fashion
Selain elektronik, produk tekstil dan fashion juga merupakan jenis item yang tergolong laku keras di Indonesia. Sebut saja baju, sweater, celana, gaun, kemeja, dan lain-lain yang rata-rata didesain dengan stylish dan fashionable.

Desain baju yang up to date dengan harga yang cenderung terjangkau dan kualitas cukup baik, merupakan kombinasi yang menjadi faktor larisnya produk fashion dari China.

Produk fashion Tiongkok yang masuk ke negara kita pun genrenya pun cukup beragam, mulai dari pakaian dewasa hingga anak-anak dan bayi bisa dengan mudah Anda beli saat ini.

Di sisi lain, pabrikan China juga populer dalam mereplika barang branded sehingga tampak seperti aslinya. Produk-produk seperti ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin tampil bergaya tanpa menguras tabungan. Tak heran, produk replika barang branded cukup diterima oleh pasar Indonesia.

3. Kosmetik
Ini 7 Barang Impor dari China Paling Diminati dan Laris di Indonesia

Produk skincare dan kosmetik dari China juga turut serta dalam perputaran bisnis perawatan kulit di seluruh dunia yang sangat cepat. Anda bisa dengan mudah menemukan merek-merek produk perawatan wajah dan kosmetik buatan Negeri Panda ini di toko-toko kecantikan di tanah air.

Pesatnya serbuan brand-brand kecantikan dari China ini tak hanya terasa di Indonesia, sebab banyak di antaranya yang mulai masuk ke pasar internasional dan bersaing dengan beauty brand besar.

Sambutan masyarakat Indonesia pun cukup bagus, karena rata-rata harganya dibanderol dengan cukup terjangkau, dengan kualitas bagus.

4. Medis
Apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata medis? Pasti peralatan kedokteran dan obat-obatan, kan?
Benar, Indonesia juga banyak mengimpor alat medis juga obat dari China. Alasannya pun masih sama, yaitu karena barangnya bagus dengan harga ramah kantong.

Ada begitu banyak peralatan medis yang digunakan oleh masyarakat maupun tenaga medis. Contoh masker, inhaler, timbangan badan, juga tensimeter.

5. Bahan Pangan
Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah beras. Meski termasuk negara agraris, nyatanya Indonesia juga masih mengimpor beras guna mencukupi kebutuhan domestik. China merupakan salah satu negara pengimpor bahan pangan ini ke Indonesia.

Selain beras, Indonesia juga mengimpor beberapa jenis sereal atau biji-bijian dari Tiongkok. Ini adalah sejumlah tumbuhan yang ditanam, untuk kemudian dipanen biji atau bulirnya. Biji atau sereal ini berfungsi sebagai karbohidrat.

Komoditas impor serealia umumnya berupa jagung, sorgum, gandum, dan sebagainya. Meski tidak semua impor dari sana, tetapi impor barang dari China ke Indonesia menempati angka tertinggi daripada negara lain.

Impor gandum dimanfaatkan sebagai bahan utama membuat kue atau roti juga mi. Sedangkan jagung bukan hanya untuk bahan pangan, tetapi juga pakan ternak.

Bukan hanya itu, ada juga impor bahan pangan lain seperti kedelai, susu, bawang merah dan putih, serta daging.

6. Aksesori Wanita
Meski terlihat barang sepele, namun ada banyak aksesori wanita yang merupakan hasil impor dari China. Contohnya bando, jepit rambut, tusuk konde, dan lain-lain.

7. Aksesori Gadget
Bukan hanya elektronik seperti smartphone dan lainnya, nyatanya Indonesia juga mengimpor aksesori sebagai pelengkapnya. Contoh tempered glass, anti crack atau body care ponsel, smartwatch, TWS, headset, kabel data, dan lain-lain.

Tentunya, kegunaannya juga mendukung fungsionalitas dan menambah penampilan gadget jadi makin keren.

Cara Impor Barang dari China
Ini 7 Barang Impor dari China Paling Diminati dan Laris di Indonesia

Tertarik menjajal bisnis impor barang dari Negeri Tembok Raksasa? Sebelumnya, tentu Anda harus tahu cara untuk impor barangnya. Salah satunya, Anda perlu tahu pusat mendapatkan barang-barang tersebut untuk Anda jual kembali, seperti:

1. 1688.com, ialah website berbahasa Mandarin untuk pasar lokal digital China, alias marketplace asli China. Anda bisa berbelanja tanpa adanya batas minimal. Jadi, jika Anda ingin membeli satuan atau grosir, sah-sah saja melalui web ini. Untuk bisa berbelanja di sini, Anda harus registrasi akun di taobao.com dan mengaktifkannya terlebih dulu.

2. Alibaba.com, pusatnya belanja produk-produk China. Alibaba adalah perusahaan raksasa yang mempunyai spesialisasi dalam bidang e-commerce, AI, teknologi informasi, ritel juga internet. Alibaba.com hadir sejak 1999 dan sudah memiliki banyak anak cabang. Contohnya adalah 1688.com dan taobao.com.

3. Caribarang.id, yaitu website tempat berbelanja lokal yang membantu para pedagang untuk membeli produk-produk dagangan dari marketplace China.

Melalui website ini, Anda bisa memperoleh kenyamanan berupa mudah dan simpelnya tombol navigasi juga harga barang kulakan yang lebih rendah dari website lain. Meski termasuk murah, kualitas dagangan tetap number one.

Cara belanja di sini juga sangat mudah. Pertama, cari dan pilih produk dagangan. Kemudian, masukkan ke keranjang belanja, dan checkout. Keuntungan belanja di caribarang.id lainnya adalah website ini berbahasa Indonesia, sehingga Anda tidak perlu bingung atau salah klik karena tidak paham bahasa Mandarin atau bahasa Inggris.

Itulah tadi daftar barang impor dari China yang sangat digemari di Indonesia. Selain produknya berkualitas baik, harganya pun ramah kantong. Pastinya, Anda juga bisa membelinya dengan mudah melalui platform caribarang.id.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)