Ikuti Arahan Jokowi Perkuat Industri Pertahanan RI, Begini Strategi BTI Defence

Rabu, 02 November 2022 - 20:58 WIB
loading...
Ikuti Arahan Jokowi Perkuat Industri Pertahanan RI, Begini Strategi BTI Defence
Indo Defence 2022 Expo & Forum di JIExpo Kemayoran dibuka dengan berbagai aksi dari anggota TNI, Rabu (2/11/2022). Foto/MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Peran produsen swasta alat utama sistem senjata (alutsista) dinilai penting untuk memperkuat sistem ketahanan dan kemajuan industri pertahanan nasional.

Hal ini ditekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka pameran Indo Defence 2022 Expo & Forum di JIExpo Kemayoran, Jakarta, hari ini.

Menyikapi arahan tersebut, dua perusahaan yakni PT BTI Indo Tekno (BTI Defence) dan PT Citra Shipyard menyepakati kerja sama di bidang pertahanan. Untuk diketahui, Citra Shipyard dan TNI Angkatan Laut (AL) mengerjakan KRI tipe 40 PC sebanyak dua unit.

Ikuti Arahan Jokowi Perkuat Industri Pertahanan RI, Begini Strategi BTI Defence


Sementara, BTI Defence akan memasok dua buah meriam Seahawk LW 30 mm dari MSI yang akan dipasangkan ke KRI. Kerja sama ini ditandatangani Direktur Utama BTI Defence Peter Tjahjono dan Direktur Operasional Citra Shipyard Abi Khok.

"Sebelumnya BTI sudah menyuplai Meriam 30 mm MSI yang telah terpasang di 5 KRI yaitu KRI Pari, KRI Sembilang, KRI Surik, KRI Pollux dan KRI Sidat," kata Peter saat ditemui wartawan di area pameran Indo Defence 2022 Expo & Forum, Rabu (2/11/2022).



Citra Shipyard adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia galangan kapal. Sementara BTI Defence adalah Partner Resmi dari MSI Defence (MSI-DS), pabrikan alutsista Inggris yang merupakan pemasok Royal Navy sejak tahun 1990-an.

MSI-DS dipercaya oleh lebih dari 40 angkatan laut di berbagai negara dengan sekitar 300 sistem persenjataan Seahawk aktif terpasang di armada kapal perang di seluruh dunia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)