Lewat Ajang TEI, Produk dan Jasa Indonesia Siap Ekspansi Afrika

Rabu, 02 November 2022 - 21:08 WIB
loading...
Lewat Ajang TEI, Produk dan Jasa Indonesia Siap Ekspansi Afrika
Pengusaha Afrika sedang mengamati salah satu produk Indonesia. Foto/Kemendag
A A A
JAKARTA - Trade Expo Indonesia ( TEI ) yang tengah berlangsung tak cuma memperkuat dan mengembangkan ekspor produk nasional ke Amerika Serikat, China, Jepang, Korea, dan Eropa. TEI ternyata juga mampu membuka dan menggarap pasar-pasar non-tradisional yang tengah berkembang yaitu Afrika. Beberapa komitmen perdagangan dengan negara-negara Afrika seperti Mesir, Afrika Selatan dan Kamerun berhasil dibuat melalui TEI.



Menurut Wamendag Jerry Sambuaga, suksesnya produk-produk yang dipamerkan di TEI menembus pasar Afrika sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menggarap pasar non-tradisional. Jerry melihat bahwa ke depan pasar Afrika akan terus berkembang sejalan dengan meningkatnya kestabilan politik dan kesejahteraan masyarakat negara-negara di kawasan tersebut.

Beberapa produk yang berhasil menembus pasar Afrika antara lain CPO dan turunannya, fashion, kopi, mesin, pupuk, obat-obatan dan lain-lain. Mengingat TEI masih berlangsung, Jerry yakin bahwa negara-negara Afrika juga akan makin melirik produk-produk lain seperti otomotif, elektronika, hingga makanan dan minuman.

"Sangat berpeluang terjadi kesepakatan-kesepakatan baru dengan negara-negara lain. Exposure TEI sangat bagus mengingat ini menjadi event TEI pasca-pandemi yang juga dilakukan secara offline di samping online. Teman-teman di Kemendag terus mempromosikan dan mengundang pelaku usaha dari Afrika untuk makin aktif mengeksplore produk Indonesia," kata Jerry, Rabu (2/11/2022).

Menurut Wamendag, Afrika akan menjadi target market yang bagus, bukan hanya sebagai pasar komoditas tetapi juga produk-produk manufaktur di bidang farmasi, elektronika, otomotif, mesin-mesin hingga alat-alat komunikasi. Jerry yakin produk Indonesia cukup kompetitif dengan produk negara lain.

Jerry juga menekankan pentingnya ekspansi produk-produk jasa Indonesia ke pasar Afrika. Dalam sektor ini Indonesia punya banyak keunggulan kompetitif terutama dari kualitas tenaga kerja. Sektor-sektor jasa konstruksi, perminyakan, telekomunikasi, pariwisata dan kesehatan menjadi sektor yang cukup punya peluang. Wakil Menteri milenial ini mendorong pelaku jasa di sektor-sektor tersebut.

"Jadi untuk pasar Afrika, bukan hanya produk barang yang punya peluang besar, tetapi juga produk-produk jasa. Saya berharap pelaku-pelaku industri di sektor tersebut juga makin aktif dalam berpromosi. Kami di Kemendag tentu akan memberikan fasilitasi dan dukungan penuh," jelas Wamendag.



Untuk menunjang ekspansi ekspor Indonesia di bidang barang dan jasa, Jerry mengatakan bahwa Kemendag akan terus mengembangkan kerja sama dan perjanjian-perjanjian perdagangan dengan negara-negara Afrika. Ia berharap semua wilayah Afrika baik di utara, Sub Sahara hingga Afrika bagian selatan bisa terjangkau oleh perjanjian-perjanjian perdagangan.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)