BULOG Gandeng Pemkab Bondowoso dan Bojonegoro Ciptakan Ekosistem Pangan Kondusif

Kamis, 03 November 2022 - 16:39 WIB
loading...
BULOG Gandeng Pemkab Bondowoso dan Bojonegoro Ciptakan Ekosistem Pangan Kondusif
BULOG tandatangani kesepakatan bersama dengan Pemkab Bojonegoro dan Pemkab Bondowoso dalam penyediaan, pendistribusian dan stabilisasi produk pangan di wilayah tersebut.
A A A
BONDOWOSO - Sebagai badan yang mengemban tugas melaksanakan tiga pilar ketahanan pangan, yakni ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi harga, Perum BULOG sangat concern menciptakan ekosistem yang kondusif di masyarakat untuk mengakses pangan.

Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara BULOG dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dan Pemkab Bondowoso di wilayah masing-masing dalam penyediaan, pendistribusian dan stabilisasi produk pangan di wilayah tersebut.

Penandatangan kesepakatan bersama di Bondowoso dilaksanakan langsung oleh Direktur Bisnis Perum BULOG Febby Novita dan Bupati Bondowoso Salwa Arifin pada Kamis (3/11/2022). Sehari sebelumnya, Rabu (2/11/2022) juga dilakukan penandatangan kesepakatan bersama dengan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Febby Novita dalam sambutannya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bondowoso menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang komitmen memajukan sektor pertanian. Melihat hal ini, BULOG akan terus proaktif dalam mendukung sektor pertanian dengan aksi korporasi yang sudah dilakukan Perum BULOG.
BULOG Gandeng Pemkab Bondowoso dan Bojonegoro Ciptakan Ekosistem Pangan Kondusif

“Kami akan terus optimalkan penyerapan hasil panen petani sehingga petani mendapatkan kepastian pasar, memproduksi beras berkualitas menggunakan mesin modern, menjaga stok beras di gudang-gudang, mendistribusikan beras kepada masyarakat dengan harga terjangkau serta mendukung program pangan baik yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah,” katanya.

Menurutnya, BULOG juga selalu siap mendukung dalam menggerakkan ekonomi skala kecil dan menengah. Salah satunya dengan mengembangkan Rumah Pangan Kita (RPK) yang saat ini sudah didigitalisasi melalui RPK Mobile.

Melalui aplikasi RPK Mobile, sahabat RPK semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi ke BULOG dan hanya tinggal klik di aplikasi saja, tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan order pembelian.

"UMKM binaan pemda yang tersebar di berbagai kelurahan/desa kita jadikan sahabat RPK sebagai outlet penyediaan pangan di masyarakat dan BULOG siap untuk memasok kebutuhan produk produknya,” tambah Febby.

Bupati Bondowoso Salwa Arifin menyambut baik bentuk kerja sama sinergitas antara Pemkab Bondowoso dengan Perum BULOG. Kesepakatan bersama ini menurut Salwa adalah sebagai landasan para pihak untuk saling memberi dukungan serta kerja sama yang saling bermanfaat bagi masing-masing pihak.

“Hal ini merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah dan BUMN untuk memenuhi ketersediaan pangan dengan harga terjangkau karena penyediaan, distribusi, dan stabilitasi harga beras/produk pangan akan menjadi fokus dalam nota kesepahaman ini tanpa ada unsur kepentingan” kata Salwa Arifin.

Kerja sama ini juga sudah dilaksanakan Perum BULOG dengan beberapa pemerintah daerah kabupaten, kota maupun provinsi dan targetnya bisa dilaksanakan di semua pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Tujuan kerja sama ini dalam rangka menciptakan ekosistem pangan yang kondusif yang melahirkan program-program yang efektif dalam memenuhi aspek ketersediaan, pendistribusian dan stabilisasi harga pangan bagi masyarakat.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)