Harita Nickel Kontributor Terbesar PAD Sektor Ketenagakerjaan Halsel

Jum'at, 04 November 2022 - 15:34 WIB
loading...
Harita Nickel Kontributor Terbesar PAD Sektor Ketenagakerjaan Halsel
Penyerahan laporan kegiatan Roadshow Rekrutmen PT HJF secara simbolis kepada Kadisnaker Halmahera Selatan, Ardiani Radjiloen (tengah). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Harita Nickel menjadi perusahaan dengan kontribusi terbesar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Halmahera Selatan (Halsel) dari sektor perizinan tenaga kerja. Tercatat, hingga September 2022 Harita Nickel melalui unit bisnis PT Halmahera Jaya Feronikel (HJF) telah merekrut 1.200 karyawan dan menargetkan untuk merekrut tambahan 600 tenaga kerja lagi hingga akhir tahun.

"Saya sebagai Pemda Halsel dalam hal ini Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Harita, karena PAD kami per 21 Oktober 2022 kemarin sudah melebihi target dan kontribusi terbesar dari Harita," kata Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Kadisnaker) Pemkab Halmahera Selatan Ardiani Radjiloen melalui siaran pers, Jumat (4/11/2022).



Ardiani saat berkunjung ke area operasional Harita Nickel, di Site Obi, Desa Kawasi, Kecamatan Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Sabtu (29/10) lalu menegaskan harapannya agar kontribusi ini semakin meningkat ke depannya. Dalam kesempatan tersebut, Harita Nickel melalui PT HJF menyerahkan laporan kegiatan roadshow rekrutmen tenaga kerja lokal. Roadshow rekrutmen untuk menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal ini berlangsung pada 5-11 Oktober 2022 di Desa Laiwui, Kecamatan Obi dan Kota Labuha, Halmahera Selatan.

Melalui kerja sama dengan Disnaker Halmahera Selatan, PT HJF yang menargetkan untuk merekrut tambahan 600 tenaga kerja hingga akhir tahun akan merealisasikan 1.800 serapan tenaga kerja, baik skilled maupun non-skilled. Tenaga kerja yang direkrutpun dipastikan benar-benar berasal dari Pulau Obi dan wilayah Halmahera Selatan. Dalam hal ini PT HJF melihat KTP para pelamar dan rekomendasi dari pemerintah desa setempat.



Ardiani menegaskan, dinas akan selalu membuka ruang untuk bekerja sama. "Pada intinya, pemerintah daerah dan perusahaan bekerja sesuai aturan, sehingga kedua belah pihak mampu saling mengisi dan bersinergi," ujarnya. Dia menambahkan, apa yang dilakukan Harita sangat mendukung program Pencaker (Pencari kerja) yang digaungkan Pemkab Halsel untuk mengurangi pengangguran dan menekan angka kemisikinan.

Sementara, Head of External Relations Harita Nickel Stevi Thomas mengatakan bahwa kontribusi Harita Nickel untuk PAD Halsel, selaras dengan visi perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pemegang saham, pemangku kepentingan, dan bangsa. "Kami tentunya bertekad untuk memberikan kontribusi yang berkelanjutan khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional," tutur Stevi.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3123 seconds (0.1#10.140)